Citation Needed

03Des07

XKCD comic

Citation Needed

Pertama, bagi yang belum tahu tentang apa itu tulisan [ citation needed ] seperti di lontarkan di komik dan link di atas. Maksud dengan tulisan itu adalah untuk menandai bahwa sebuah kalimat di artikel di wikipedia tidak memiliki dasar yang jelas (Citation itu artinya adalah “sumber”, sehingga “citation needed” berarti “sumber diperlukan”). Pada dasarnya, digunakan untuk menyanggah suatu pernyataan yang tidak jelas sumbernya.

Sekarang ke permasalahan pokok kita. Tidakkah anda menyadari, betapa banyaknya pernyataan oleh politikus, artis, iklan, atau bahkan guru yang tidak jelas asalnya? Misalnya saja mengenai iklan-iklan yang jelas hanya mencari untung – ramalan berbasis ponsel.

“Saya dapat meramal masa depan anda, hanya dari nama dan nomor telepon anda.” (Saya ubah sedikit kalimatnya agar tidak terlalu menunjuk) Ok, apa kalimat ini benar? Tidak tahu, mungkin, jawaban paling netral (meskipun dalam hati saya sangat yakin anda tidak meragukan pernyataan itu. Tentu, anda semua pasti percaya). Dan gilanya ada yang percaya. Atau berkata itu “lucu”. Jangan tanya saya kenapa, hahaha.

Pada saat seperti ini saya ingin sekali mempertanyakan asal muasal pernyataan seperti itu. Atau ketika ada politisi berbicara di panggung dan berkata “Saya pasti akan memberikan keadilan kepada anda semua, rakyatku!” dan mengangkat spanduk berkata [ citation needed ]. Benar, dari mana pernyataan seperti itu bisa dibuktikan? Siapa yang bisa menjamin? Kemudian, bila ditanya lebih detail mengenai janji itu, sang politikus akan berpaling dan menjawab seadanya, “lihat saja nanti. Makanya pilih saya.” Lucu sekali.

Dengar cerita saya itu, apa anda langsung percaya bahwa saya pernah bertemu seorang politisi dan menanyakan hal itu? Kemungkinannya kecil sekali, bukan? Nah, dari ini mungkin anda menyadari betapa lemahnya perlindungan kita dari kebohongan seperti itu. Mungkin agak logis, dan kalau dilihat sekilas, masuk akal, kemudian kita benamkan itu bagaikan fakta ke dalam pikiran, dan tidak pernah memikirkannya lagi.

Tidak hingga suatu hari, ketika anda mengingat pernyataan itu, dan berpikir, “Memangnya betul ya?”

Semoga cukup menerangi hidup anda.๐Ÿ˜€

Giving credit where credit is due: Komik berasal dari XKCD – komik online kesukaan saya.



16 Responses to “Citation Needed”

  1. hm..
    gw menyorot yang bagian politikus, ye…
    kekna mereka menganut paham : yang penting ngomong dulu (baca : janji)..:mrgreen:

  2. Tahap-tahap:
    1. Buat janji
    2. Rakyat berharap
    3. Politikus gagal
    4. Rakyat kesal
    5. Rakyat menuntut pemimpin baru
    6. Politikus dibiarkan turun, cari yang baru
    7. Ulang proses.
    ๐Ÿ˜›

  3. Ah, ada tahap baru di antara yang nomor 5 dan 6.
    Politikus lempar masalah, sembunyi solusi.

    Jadi ingat kasus kutipan “Cuci tangan dan Cuci piring” dari presiden kita tercinta~ yang malahan makin membuat koalisinya menjauh.๐Ÿ˜†

  4. Di dunia nyata ini memang butuh “Citation Needed”. Biar ngga ada gosip.๐Ÿ˜›

    Soal politikus, makanya ada yang namanya ad captandum vulgus — janji palsu.:mrgreen:

  5. Alah namanya politikus…tikus…

    Jangan bingung lah sama politikus. Baidewei soal nama dan ramalan itu kan iklan ya?
    Kalau bicara politik sih di mana-mana butuh yang seperti itu.

    *gimana kalau ntar pas upacara siapin spanduk kayak gitu? kalau2 si ulya ngerti apa itu maksudnya*๐Ÿ˜†

  6. @roze: Lebih lengkapnya, “politikus lempar masalah, sembunyi solusi, menurunkan ke penerusnya.”๐Ÿ˜€

    @Xaliber: Oh, bukan hanya “Citation Needed”. Ada juga, misalnya, Weasel words, di mana kalimat dimulai dengan “Saya dengar”, “Kata orang”, “Kabar-kabarnya…”. Hehehe.

    @Lemon: Husshhh!!๐Ÿ˜› Iya, itu iklan, hehehe.

  7. Politic is about power. Dan kekuasaan itu berkaitan dengan kemampuan mempengaruhi orang lain sesuai keinginan pelaku.๐Ÿ˜›

    …howeee. “politikus lempar masalah, sembunyi solusi, menurunkan ke penerusnya.”
    Kok pas benar sama kutipan cuci piring-nya SBY. Ente pengamat politik juga ya?๐Ÿ˜›

  8. โ€œSaya pasti akan memberikan keadilan kepada anda semua, rakyatku!โ€

    Mereka ngomongnya ‘pasti’, bukan Insya Allah, Demi Allah, atau bersumpah kepada Tuhan. Makanya nggak nepatin janji. Kan lain kalau udah sumpah ke Tuhan, pertanggungjawabannya di akhirat. Hehe.

    Lain kali pas pelantikan pejabat suruh bersumpah kepada Tuhan. Biar nggak lupa.

  9. @roze: Padahal kan teknisnya, power ada di tangan rakyat, politikus hanya yang mengurusi kekuatan itu (bukan mengambilnya).:mrgreen:

    Bukan pengamat kok.๐Ÿ˜‰

    @Cynanthia: Pas pelantikan kan memang disumpahkan secara agama. Ada baiknya kalau mereka bersumpah seperti itu… Tapi sampai sekarang, banyak yang mau korupsi segitu banyak uang. Dosa karena gagal sumpah udah kaga bisa dibandingin lagi.๐Ÿ˜›

  10. @steax: heuheuheuheuh. Berarti dia nggak mikirin anak cucu. Kalo orang banyak dosa, nanti imbas ke keturunannya – sakit-sakitan lah, mentalnya bobrok lah – (serius, lho!).

  11. Betul, hehe. Udah dianya kena dosa besar, uangnya ikut haram, dan sekeluarga tercemar… Phew. Makin parah sih sekarang, gara-gara konsep kalau uang bisa membeli segalanya…

  12. suka pas proses daur ulang politikus no.2
    hehehe

  13. Politikus memang didaur ulang (filosofi mereka masing-masing). Entah mengapa, begitu seseorang dengan filosofi se-edan apapun jatuh, tinggal menunggu waktu sampai ada reinkarnasi filosifi itu (seperti Stalin, hehe).๐Ÿ˜€

  14. Padahal kan teknisnya, power ada di tangan rakyat, politikus hanya yang mengurusi kekuatan itu (bukan mengambilnya).

    Yup, Indonesia, dan beberapa negara yang demokrasi lainnya…๐Ÿ˜›

  15. Lebih tepatnya, beberapa negara yang harusnya demokrasi…๐Ÿ˜›

    Ayo semi-protect UUD 45. “This article is protected from newly registered users. Request unprotection on the discuss page.”๐Ÿ˜€

  16. Sorry…My partner and i forgot to offer this a Upscale Rating.
    ..it’s the best except for my previous review and how the menthol cartridges certainly are a little too much and how I might love for you to make a cigarette flavor using a touch of menthol added to ensure it is more like the traditional menthol cigarette. This might definitely be a plus to all of us traditional those that smoke who aren’t interested in the actual chocolate, coffee and fruity flavors.

    One of the best buys I have ever created!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: