Cikgu: Bingkisan untuk Guru!

07Apr08

Mungkin ada yang bingung, dengan sedemikian stressnya saya pada Ujian Nasional dan semacamnya, bahwa saya akan takluk begitu saja dan berhenti jalan-jalan di blogosphere.

Oho! Tentunya tidak. Proyek saya saat ini; sebuah web-app yang lebih sederhana (saya nggak mau proyek terlalu semangat dulu – untuk yang satu ini, saya cukup yakin!) dan ditargetkan untuk guru-guru dan instansi pendidikan lainnya.

Yap. Sebuah sistem pendidikan online, untuk Indonesia dan Indonesia saja. Di sini, guru-guru dapat mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan urusan pendidikan. Beberapa fitur yang telah dirancang dan sedang dibangun:

  • Menulis, memformat, dan menyajikan soal/ujian secara online. Ya, itu berarti mungkin adik anda beberapa tahun ke depan akan mengerjakan tesnya di depan komputer.
  • Menyimpan database murid anda, yang juga dapat mengerjakan ujian yang bersangkutan. Database ini dapat ada isi dengan, misalnya, nilai murid tersebut, sehingga dapat ia (dan orangtuanya) dapat mengakses data itu dengan password.
  • Sebuah halaman khusus per-anggota, yang dapat diisi dengan jadwal tes, pengumuman, dan semacamnya.
  • Jalur komunikasi berbentuk semacam chatbox (lebih tepatnya seperti sistem blog-dan-komentar, tapi saya kesulitan menjelaskan hal itu kepada guru…).

Saya membuat ini, karena merasa sistem pendidikan kita begitu banyak permasalahannya. Dan saya tidak akan lari – saya akan memperbaikinya!

Saat ini aplikasi tersebut telah mulai dikerjakan. Arsitektur mendasarnya telah tuntas – seperti biasa saya menggunakan XHTML/CSS/jQuery/PHP/MySQL. Dan untuk aplikasinya sendiri, saya menggunakan ExtJS, yang dikawinkan dengan jQuery kesayangan saya.πŸ˜€

Silahkan sebutkan jika anda menginginkan suatu fitur atau memiliki komentar/kritik, saya akan berusaha menjawabnya kali ini. Saya tidak bisa menjanjikan kapan aplikasi ini akan mulai – namun jika semuanya berjalan lancar, semoga sebuah tech demo sudah bisa saya sediakan dalam beberapa bulan. Saya biasanya akan memiliki jadwal, tapi UN, UAS, Ujian Praktek, urusan kuliah dan lain-lain tidak memungkinkannya kal ini.

Oh ya… Tentu. Sebuah screenshot untuk bukti, hahaha.

Hal yang sedang saya cari:

  • Teman-teman developer untuk membantu beta testing – dan kalau ada yang mau berkerjasama untuk deployment, silahkan hubungi saya!
  • Sebuah nama… Setahu saya, “cikgu” berasal dari Sumatra. Namun sepertinya nama ini mengundang sedikit kontroversi. Jadi, jika ada yang menyarankan nama baru… Silahkan!
  • Dukungan!πŸ˜€


20 Responses to “Cikgu: Bingkisan untuk Guru!”

  1. 1 Ilona

    Coolio. Tak sabar melihatnya beraksi~πŸ˜€

  2. *summon Pak Sawali*

    Silahkan klik agar beliau datang.πŸ˜†

  3. Kereeeennn….πŸ˜€

    Ah iya, untuk tes/ujiannya, saya punya usul. Soalnya dibikin supaya nomor urutnya acak (sekalian kalo bentuk soalnya PG, pilihannya ikut diacak). Mungkin nggak akan 100% mengurangi upaya menyontek, tapi lumayan, kan? Bisa, nggak?πŸ˜†

    Mungkin saya bisa bantu beta-testing. (Dan mungkin saya bisa minta kedua ortu saya untuk ikutan bantu).

    (OOT bentar: saya jadi teringat ucapan ayah saya dalam obrolan ringan soal ujian beberapa bulan yang lalu. Ayah saya bilang kira-kira begini: “Kalau Ayah yang jadi Mendiknas, ujian akan dilakukan dengan touchpad, lalu setiap siswa tidak akan memiliki soal yang sama!”):mrgreen:

  4. 4 steax

    Countdown is beginning!:mrgreen: Tapi saya juga lagi bikin petisi untuk urusan pemblokiran youtube, rapidshare dan kawan-kawan…

    Saya sudah merencanakan banyak sistem untuk menghindari teknik curang yang begitu… Pertama, pertanyaan PG, meskipun hanya akan ada 5 jawaban, guru dapat menyediakan lebih banyak, hingga 10. Nanti yang akan ditampilkan adalah yang benar ditambah yang acak, sehingga lebih menjebak. Urutannya juga akan diacak. Jumlah soal juga bisa dibuat acak, misalnya untuk ulangan 20 soal, dapat disediakan 50 soal.

    Agar semuanya unpredictable.πŸ˜‰ Juga ada batas (dan pengukuran) waktu yang dibutuhkan untuk tiap soal.

    Satu fitur terakhir saat ini, adalah analisa jawaban. Jika guru curiga ada 2 peserta yang curang, dapat dilakukan analisa. Misalnya, jika di kedua hasil tersebut, kesalahannya di nomer-nomer yang sama, waktunya terlalu singkat, dsb.

    Menjadi murid memang cara paling tepat untuk menjebak murid.πŸ˜€

  5. Mantap.πŸ˜€
    Saya save halaman ini dan tunjukkan ke ortu saya boleh? Mungkin juga bisa diminta pendapat.πŸ˜€

    Menjadi murid memang cara paling tepat untuk menjebak murid.πŸ˜€

    That’s right, brotherπŸ˜›
    Apa karena murid yang paling tahu apa yang, err… dimiliki seorang murid?πŸ˜›
    *ngaco*

    Countdown is beginning!:mrgreen: Tapi saya juga lagi bikin petisi untuk urusan pemblokiran youtube, rapidshare dan kawan-kawan…

    Ah, saya mau ikut mengajukan petisi atas pemblokiran tersebut😈
    Betewe soal pemblokiran, si Goen sediain proxy anonymous, tuh. proxy.gunawanrudy.com

  6. 6 rizkivmaster

    Wow, masa depan, masanya tuk semuanya pake kacamata, dunk. Hohoho..
    MODE SERIOUS : ON.
    Ok, dari rizkivmaster, siap bantu neh. Tuk bangsa kita yg masih menderita dan sekaligus masih tercinta ini. Trademark Indonesia lho.

  7. 7 Diki

    Wah keren, semangat! Semoga aplikasinya nanti opensource (GPL license maybe?). Mungkin untuk referensi bisa juga nyobain aplikasi sejenis seperti Atutor, Moodle, Dokeos, School Tool). Sukses!πŸ˜€

  8. 8 steax

    Silahkan diperlihatkan, semua saran diterima.πŸ˜€

    Wah, hati-hati tuh. Pemerintah sedang mencari-cari website/blog yang memungkinkan film itu bocor ke Indonesia. Yang sedikit bodoh, sebenarnya, karena itu hanya akan menambah rasa ingin tahu… -_-

    Hari ini petisi saya harus sudah jadi! Nanti dikunjungi saja, untuk tambah nama…:mrgreen:

  9. 9 steax

    Wah, ada baru toh.

    @rizkimaster: Makasih dukungannya ^^

    @Diki: Hmm, kalau berjalan lancar, mungkin suatu hari saya akan mengaplikasikan sebagian dari APInya lewat Adope AIR (saya nggak lancar pake runtime langsung di deskotp haha). Aplikasinya sendiri akan berjalan sebagai web-application, jadi sepertinya tidak akan dipublikasikan… Tapi saya menginginkannya gratis. Kecuali mungkin nanti bisa membeli space untuk data, dsb… Kalau saya bisa ketemu host yang murah, atau teman-teman untuk membantu.😦

    Wah, makasih untuk website sejenisnya… Berguna untuk mencari ide. Makasih!:mrgreen:

  10. Wow.
    Jamal, ini yang Pak Raidil butuhkan.:mrgreen: Nanti saya kasih tau deh.πŸ˜€

  11. Tunggu.. setelah mengingat sikap kelas saya, saya heran kenapa banyak yang nggak bisa daftar forum sementara mereka bisa mainan FS, Facebook, dan game online.πŸ˜›

  12. KERENNNNNNNNNNNNNNNNN, tetep semangat yaπŸ™‚

  13. 13 rizkivmaster

    Hmm, Tunggu duluu. Saia mo nanya neh, ada gak tutorial lengkapnya extJS en jQuery ato versi ebook-nya? Soalnya saia mo coba’ extJS, tampilannya bagus juga. Pilihan yg bagus tuk interface-nya.πŸ™‚
    Maaph baru tahu neh.

  14. halo djamal… ini ya yang waktu itu lw tunjukin ke gw?
    wah, udah jauh aja sekarang…

    hebat dah..

    btw, keterima MIPA kan lw? diambil gak?
    bokap gw nanyain tuh bisa gak gw tinggal bareng lw disana..

  15. wei hebatnya… semoga sukses rencana2nyaπŸ™‚

  16. 16 rizkivmaster

    Bang, menurut yang saia lihat di gugel, Malaysia punya Cikgu, Cikgu Online. Mank Cikgu dari Malaysia ya? Btw pengembangannya dari bang Rizqi dkk masih berlanjut ?

  17. Menjadi murid memang cara paling tepat untuk menjebak murid.

    bener, setuju,, semua guru jg pernah jadi murid kan?

  18. 18 steax

    Bang, menurut yang saia lihat di gugel, Malaysia punya Cikgu, Cikgu Online. Mank Cikgu dari Malaysia ya? Btw pengembangannya dari bang Rizqi dkk masih berlanjut ?

    Yang jelas bahasa melayu, tepatnya saya tidak tahu.. Masih berlanjut kok. Tapi saat ini sedang dikerjakan paralel sebuat proyek bernama Nusakarta, yang lebih luar (dan pada akhirnya applikasi yang ini akan jatuh di bawha NK). Ditunggu aja ya.πŸ˜‰

    bener, setuju,, semua guru jg pernah jadi murid kan?

    Betul! Tapi sepertinya ada guru yang lupa tuh…😦

  19. 19 Kyu Renjo

    Ahaa, mungkin sebuah tempat yang kelak akan menjadi tempat NYONTEK ONLINE. ^.^


  1. 1 Sekelumit Hal Penting yang Tidak Penting « Deathlock

Tinggalkan Balasan

