Kuis: Pesawat di Treadmill

04Mei08

Ok, ini pertanyaannya:

Sebuah pesawat diletakkan pada sebuah treadmill yang besar (jangan tanya kenapa, memang demikian, hehe). Sang treadmill akan menyamakan kecepatan dengan pesawat, tapi ke arah berlawanan (akibatnya, si pesawat seperti berjalan mundur di eskalator; tidak dapat bergerak jika menempel pada tanah). Kemudian, si pesawat meningkatkan kecepatannya hingga kecepatan lepas landas.

Pertanyaannya: Dapatkah si pesawat lepas landas dan terbang?

Hehe, ini sebuah pertanyaan fisika/logika sederhana. Saya hanya penasaran mengenai pendapat anda.πŸ˜‰



27 Responses to “Kuis: Pesawat di Treadmill”

  1. 1 kang4roo


    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SITUS “Leoxa.com”
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    Iya, terus bisa nge-spam ke blog-blog orang, mengisi post yang nggak berkaitan sama sekali, dan mencari orang-orang yang bisa menoleransi anda (yang saya rasa sangat sedikit). Enyahlah! ~Steax

  2. 2 rizkivmaster

    Ya, ya, ya, menurut saia pesawat pastinya gak bisa terbang. Secara ilmiahnya (bagian yg m’bosankan) kecepatan tuk lepas landas dikurangi oleh kecepatan treadmill (kecepatan biasa pesawat ditutupi oleh kecepatan treadmill). Sehingga secara terumus a-b=c where c<a (sudah pasti, gak taw juga). Sehingga c yg dianggap kecepatan setelah peningkatan kecepatan lepas landas, menjadi kecepatan biasa yg hanya menyebabkan pesawat dapat bergerak ke depan, tetapi tidak mendapat dorongan lebih tuk terbang coz c tidak mampu menyamai a yg merupakan kecepatan lepas landas. Andaikan sang treadmill punya ujung landasan, sudah pasti pesawat akan bergerak ke depan dan akhirnya jatuh di ujung treadmill tsb. Sekian en trima kasih, Klo gak salah.
    *langsung minum puyer enam belas*

  3. 3 steax

    Jawaban diterima. Saya akan menjawab sebentar lagi mengenai jawaban yang benar secara teoritis.. Bagaimana kalau saya kasih sedikit bantuan: Apakah pesawat mainan yang diikat ke tiang dapat lepas landas dari tanah? πŸ˜‰

  4. 4 rizkivmaster

    Wah tampaknya salah ya?😦
    Gmana sih, udah salah koq dikasih pertanyaan lage ?
    Ok, saia jawab
    B’hubung karena cuma mainan, gak punya mesin, ya ndak terbang.
    Mikirin diikat ke tiang, mikirin lepas landasnya gmana, saia makin pusing.
    Ah, beli puyer enem belas aja lage (kalo prlu satu kotak). Saia menyerah…πŸ™„β“

  5. 5 steax

    Hahaha, mainan juga bermesinπŸ˜€

    Iya, langsung saja dibocorkan deh (ternyata lewat YM ada beberapa orang yang mau menjawab tp ragu mengkomen, takut salah :P). Pesawatnya bisa terbang kok. Kenapa? Karena ini kira2 sama seperti pesawat, katakanlah, dilepas secara diam di udara. Sebut saja, pesawat dijatuhkan dari tebing… Dan dia jatuh bebas. Logikanya, kalau mesin dinyalakan (dan tebingnya cukup tinggi), bisa terbang kan pesawatnya?πŸ™‚

  6. Hem.. coba jawab ah..
    Berhubung selalu kecepatan pesawat = kecepatan treadmill (karena katanya treadmill selalu menyesuaikan dengan kecepatan pesawat), maka pesawat ngga akan bisa lepas landas dan terbang. Bahkan untuk maju beberapa meter (halah) aja ndak bisa.πŸ˜›

    Pesawat hanya bisa terbang jika dan hanya jika (halah)…
    dia adalah pesawat jet hover seperti F-35 Lightning II.πŸ˜›

  7. yang ngangkat pesawat kan gaya bernoulli di sayapnya? kalau Vpesawat=Vtreadmill masih bisa terbang deh kayaknya, tapi

    *lirik jawaban xaliber*
    ha, fisika dihubungin ama sejarah?

  8. siyal, salah pencet…

    secara logika pesawat memang bisa lepas landas dan terbang…
    dengan catatan… pernyataan yang kamu tulis pake font biru itu dianggap tidak ada =P

  9. @Strife Leonhart:
    Sejarah? Itu pesawat tempur baru kok.πŸ˜›

    Jawabannya menarik juga.. beda sama yang lain. Si steax mana nih??

  10. @Xaliber

    Sorry,, maksudnya militer… beda tipis deh ( maksa:D )

    Yah, katanya pertanyaan logika sederhana kan? ngapain mikir repot-repot? =P

  11. 11 rizkivmaster

    Sudah cukup, saia neh baru belajar FSX (Flight Simulator X). Jawabannya, pesawat hanya akan dapat terbang jika telah mencapai air speed lebih dari 140 knots. Dan yg dikatakan Strife Leonhart, dimana Vpesawat=Vtreadmill, maka pesawat mungkin mendapat air speed kurang dari 10 knots, dan itu mungkin mustahil tuk “climbing in the air” beberapa feet dari treadmill. Thanx. Jika ada yg bilang bisa terbang, neh kita buktikan maen FSX. OK.
    *problem finished*

  12. 12 steax

    Pendapat saya tetap bisa terbang… Petunjuk satu lagi: si pesawat mendorong pada udara, bukan pada landasan. Kalau mau analogi baru: Apakah sebuah ikan yang berada di atas treadmill dapat berenang maju?πŸ˜‰

    Yang membuat hal ini tampak mustahil adalah karena kita menganggap bahwa pesawat mendorong pada permukaan treadmill, seperti halnya orang berlari di atasnya. Namun pesawat tidak demikian, karena pesawat mendorong udara, bukan dudukannya.

    Lebih lanjut lihat sini.πŸ™‚

  13. 13 rizkivmaster

    Ok, ok. Saia tahu sekarang. Sama halnya dengan ikan, medium pendorongnya ialah air dan yang mendorongnya ialah sirip, bukan kaki. Ah, koq ndak terpikir ama saia yah, huh? *sok BC*πŸ˜›
    Btw, kuisnya enak juga tuh. Yang semua jawabnya pas bgt.

  14. Shd.
    Nice one!πŸ˜† Selama ini saya kira yang sayapnya bekerja cuma pesawat jet hover seperti Raptor.

    *save @ del.icio.us*

  15. Hoo, coba dari awal dikasih tau…
    Tapi apakah daya angkat pesawat bisa didapat bila :
    ketika ban masih menginjak treadmill, pesawat tidak maju-maju (karena kecepatannya sama), biarpun kec pesawat ditambah, treadmil menyesuaikan keceptannya bukan?
    apakah udara mengalir di sayap pesawat bila pesawatnya dalam keadaan diam??

    Hehe,, ini masalah yang menarik ya..

  16. 16 steax

    Menipu ya kuisnya?:mrgreen:

    apakah udara mengalir di sayap pesawat bila pesawatnya dalam keadaan diam??

    Tidak. Pesawatnya harus bergerak relatif dengan udara sekitar.

    ketika ban masih menginjak treadmill, pesawat tidak maju-maju (karena kecepatannya sama), biarpun kec pesawat ditambah, treadmil menyesuaikan keceptannya bukan?

    Ini dengan anggapan bahwa si pesawat mendorong pada treadmill untuk dapat bergerak (sesungguhnya tidak, ia mendorong pada udara).

    Kalau perlu satu analogi lagi: Bayangkan lagi lari di atas treadmill. Tapi di sebelah kita ada pagar. (Pagar biasa, bukan pagar kawat berduri, hehe) Kira2 bisa tidak kita menggunakan pagar itu mengubah posisi berdiri kita di atas treadmill, meskipun si treadmill menyamakan kecepatan?

  17. 17 rizkivmaster

    Ok, saia silap. Jadi maaph.
    Sebelumnya saia berpikir itu tidak bisa, kemudian bilang bisa, tapi yang terakhir ini bilang gak bisa lagi. Serius lho.
    Sebenarnya pesawat perlu modal kecepatan. Kecepatan pertama ini diukur secara ground karena masih nempel di treadmill. Pesawat mendorong udara menghasilkan kecepatan. Kecepatan itu istilahnya diredam oleh treadmill melalui rodanya. Sehingga perpindahan pesawat nol. Ok. Udara di sayap artinya kan gak ada. Jika spoiler di pesawat dinaikkan, pesawat tidak akan mendapatkan gaya angkat akibat gak adanya pergerakan angin tadi. Coba bandingkan dengan pesawat yang terbang pake landasan. Eh tiba2 pesawat boeing 747 melaju di landasan pendek. Walah gak terbang2 di ujung landasan, malah nabrak rumah tuh. Nah itu artinya pesawat butuh modal kecepatan. Hehehehe…
    Coba lihat video gambaran take-off yang saya maksud tadi.
    Short take-off
    Thanx, selamat menonton.

  18. 18 steax

    Kecepatan itu istilahnya diredam oleh treadmill melalui rodanya. Sehingga perpindahan pesawat nol.

    Di sini kesalahannya. Kecepatannya tidak diredam oleh rodanya. Hal ini hanya dapat terjadi bila ia menekan pada roda, seperti mobil. Ini seperti pesawat yang lepas landas di air. Pada dasarnya air dan pesawat di skenario itu sama seperti roda. Tapi pesawat tetap dapat terbang bukan?

  19. 19 rizkivmaster

    Pesawat butuh udara yang mengalir agar spoiler dari pesawat dapat memberikan gaya angkat. Justru tanpa gaya angkat, roda akan tetap akan berada ditreadmill dan pesawat tidak bisa terbang, bukan ?
    Bandingkan dengan skenario, landasan pendek, pesawat masih tidak dapat terbang. Dan yang dianggap terbang itu, ketika pesawat jatuh dari tebing dengan sudut yang tidak begitu curam. Dan anda tahu kaitannya dengan paragraf pertama tadi ? Udara mengalir. Pesawat akhirnya dapat mendorong dirinya ketika tepat berada di udara. Tapi jika dorongan itu akhirnya gagal untuk mendorongnya “climbing” kembali, maka terjadilah suatu bencana yang bikin geger dunia penerbangan, yaitu STALL.
    Kesimpulannya, ketika di treadmill, peluangnya hampir tidak ada.

  20. 20 rizkivmaster

    Plus jgn lpa pesawat bkanlah bulu, pesawat pnya beban. Beban itu mnekan ban. Ban menghasilkan gaya gesek yg bsar. Walau tampaknya drongan jet hanya berpengaruh pada udara tdk pd treadmil, bkan brarti pesawat dpt maju bgtu saja. Dia msih mmiliki hmbtn.

  21. 21 rizkivmaster

    Btw, sudahlah, terbangkanlah pesawatnya baek2, pake landasan gitu. Ntar ide siapa yg maw bangun treadmill raksasa di bandara?

  22. 22 steax

    Fungsi si ban kan menanggulangi gesekan. Sejujurnya, saya sendiri juga nggak bs bilang apa-apa deh soal ini. Mungkin tunggu 200 tahun lagi, treadmill raksasa yang diberi tenaga oleh hamster, bisa buat meluncurkan manusia ke bulan…:mrgreen:

  23. kurang kerjaan!:mrgreen:

    tapi pesawat hanya bisa terbang dengan tenang asalkan harga BBM gak naik!

    *dihajar*

  24. 24 Kyu Renjo

    Kayaknya bisa.

    1. Pernah ke bandara Syamsuddin Noor? Coba kalo km baru aja datang dari luar kota, abis itu ke ban berjalan alias treadmill nya bagasi. Gesekkan tanganmu di treadmillnya bagasi berlawanan arah. Tanganmu bisa maju? Bisa.

    2. Sepertinya diperlukan kecepatan MINIMUM agar kecepatan pesawat bisa mengimbangi kecepatan balik pesawat. Berapa? Tergantung treadmill dan pesawatnya. ^.^

    3. Bagi yang mau prakterk, coba ke tread mill terdekat. Dimana ya??? ^o^

  25. 25 Eru

    * skip spoiler2 comment diatas *

    kayaknya ga bisa soalnya bukan soal kecepatan yang kita omongin..
    tapi angin yang melewati sayap

    kalo di treadmill ga ada air-current (ituloh percobaan angin dan sayap yang ada dibuku2 Fisika jaman SMP dulu)

  26. 26 phit

    hai.hai. kalian yang di sana
    salam kenal yah
    asik bener ngomongin pesawat ama treadmillnya
    hmmm. gw ada tugas makalah nii
    tentang aplikasi fisika pada treadmill
    jujur gw puyeng nii
    bisa bantu??
    tolong bantu tentang prinsip2 fisikanya
    segera donk
    kirim ke e-mail cabenyelipdibehell@yahoo.com

  27. 27 Emir

    Menurut saya memang pesawatnya bakal bisa terbang, itu treadmill gak bakal punya pengaruh apa apa sama sekali, tp ttp aja, supaya terbang butuh treadmill yg sangat panjang, mending pk runway normal ajaπŸ˜€

    Saya sih menggunakan percobaan saya sendiri, saya ke treadmill ngebawa mobil mainan yg ditarik pk tali (ok rada kurang kerjaan, tp kl buat pengetahuan boleh aja kan?), saya nyalain treadmill dengan kecepatan penuh dengan mobil mainan diatasnya. Nah pas kecepatan penuh itu treadmillnya, saya tarik mobilnya perlahan. Hasilnya? mobilnya bergerak. Padahal kecepatan tarikan mobilnya kecil sekali dibandingkan dengan treadmillnya. Logikanya, kecepatan sangat kecil saja sudah bisa bergerak, apalagi kalo kecepatannya sama ama treadmill itu?

    Nah persamaannya gini, mobil itu adalah pesawat, rodanya adalah landing gear, dan gaya maju ke depannya (thrust) adalah tali yg saya tarik itu. Banyak orang ngira resultan kecepatannya O. Tp napa bs bergerak? Begini, ambil contoh mobil, yang bikin bergerak kan rodanya, sedang rodanya bergerak dgn cara mendorong tanah ke belakang. Nah kalo kecepatan rodanya sama ama treadmill, memang resultannya = O. But not for the airplane. Kenapa? Pesawat bergerak dengan cara mendorong udara, bukan mendorong tanah ke belakang, jadi untuk kasus ini, treadmill tidak berpengaruh apa apa terhadap gaya thrust pesawat. Malahan yg terjadi adalah, roda pesawat akan berputar 2 kali lebih cepat dari kecepatan treadmill. Ini malah bisa bikin roda pesawat rusak, jd mendingan pk runway aja, toh ujung2nya ttp terbang jugaπŸ˜€


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: