Menjawab telepon TIDAK AKAN membunuhmu. Tidak juga pesan berantai, sms, atau sampah lainnya.

12Mei08

Lelah! Saya lelah dengan tuduhan bahwa ini-itu bisa membunuh kita begitu saja. Karena saya lelah, maka izinkan saya langsung memulai cerita yang saya dengar, dalam bentuk diskusi:

Teman: katanya, ada kasus, seseorang terima telepon. Terus layarnya langsung merah gitu! Langsung mati orangnya.

*jeritan murid perempuan*

Teman: “Makanya kalau dulu kan ilmu hitamnya lewat SMS. Jadi masih bisa nggak dibaca. Kalau telepon kan nggak ketahuan!

*rasa takut sepertinya semakin menyebar*

Saya: “Memangnya kejadian sama berapa orang?

Teman: “Yang ketahuan sih baru satu, tapi nggak jelas juga kejadiannya. Nggak tahu, mungkin ada yang lain.

Saya: “Ya nggak bisa dong satu alasan itu dituduh…

Teman: “Apa lagi penyebabnya?” (ini yg membuat saya langsung berpikir, “wat?”)

Saya: “

Teman: “Terus juga, kartu Axis itu. Yang katanya lingkaran setan gitu-gitu. Gw lihat di tivi tentang itu juga!

*anggukan-anggukan setuju*

Saya: “Di tivi? Di mana?

Teman: “Ya pernah lah dulu. Lupa. Yang jelas, katanya kenalan temen bapak gw, pernah tengah malam dapat telepon dari perempuan ketawa-ketawa gitu. Serem kan?

Satu lagi: Sms yang saya terima.

*bunyi SMS masuk*

“Beberapa hari lalu, seorang ibu meninggal karena anaknya bermain di rel kereta api. Ibu tersebut masih mencari anaknya yang telah ikut tewas tertabrak. Dalam pencariannya, ia menyebarkan sms ini untuk membantunya. Kirimkan sms ini pada 10 temanmu, atau ibu itu akan membunuhmu karena tidak membantunya dalam 3 hari. Jika tidak, anaknya akan membunuhmu dalam 7 hari. Atau mungkin juga kamu akan mati dalam 1 bulan karena kutukan ini.”

*menu > delete*

O RLY?

Jujur, di tahap ini saya hanya bisa berdiam diri mendengar yang seperti itu. Seandainya mencabut nyawa seseorang semudah mengirim sms, atau menyebarkan kartu seluler, atau yang sms-sms nggak jelas itu, sudah tentu umat manusia sudah tewas dari kapan tahu. Dendam sama George Bush? Kirim sms tadi, dia nggak ngerti bahasa Indonesia, tewaslah dia. Nggak usah susah-susah bom, tembak, apapun… Kirim sms, tuntas. Ngapain ribet-ribet?

Dalam kasus pertama, terlihat sekali kekonyolan pergaulan sosial. Orang mencari cerita yang bersensasi, yang seru, yang mengerikan. Dan mengejutkan sekali seberapa cepat sesuatu yang tadinya hanya sekedar khayalan, dapat menjadi “nyata”. Contoh.

Anak SD 1 bersama Anak SD 2: Aku nggak mau ikut ke ruangan sana! Ngeri!

Anak SD 2, bersama teman-temannya: Di ruangan sana ada setannya! Jangan coba-coba masuk!

Anak SD 3, kepada neneknya: Nek, kata temanku di rumahnya ada setan… Aku nggak berani ke sana lagi…

Nenek kepada tukang sate yang lewat: Aduh, cucu lagi ribut, dia bilang lihat setan di rumah temannya… Di wilayah desa sana…

Tukang sate kepada siskamling: Ternyata di desa sana hantunya banyak ya. Aku dengar ada yang lihat setan di sana…

Siskamling pada pak RT: Serem lho pak, di sana banyak yang mistis-mistis. Istri bapak yang lagi hamil jangan ke sana ya, nanti kenapa-kenapa lagi anaknya…

Pak RT pada istrinya: Bu, kita nggak jadi ke desa sana ya. Belakangan banyak kejadian mistis…

Istrinya pada ibu-ibu pengajian: Ibu-ibu, hati-hati dengan desa sana. Suamiku bilang, kalau ke sana bahaya… Jadi kita harus menghindari desa itu. Kalau perlu, panggil Ustad untuk mengusir setannya…

Ibu pengajian pada ustad: Pak, tolong kami! Banyak jin dan setan berbahaya di desa itu. Kita harus melakukan sesuatu!

Ustad kepada kepala desa: Pak, kami minta izin untuk ke desa sana, mungkin dengan beberapa orang lagi. Kami perlu membersihkan hal-hal mistis di sana.

Kepala desa pada wartawan: Ya, kami akan mengirim tim ustad ke sana, karena belakangan ada laporan mengenai hal-hal mistis yang terjadi. Karena mengancam kesehatan rohaniah penduduk desa kami, maka kami akan menindakinya.

*masuk berita nasional:* Sebuah desa di jawa barat hari ini akan dibersihkan oleh tim ustad dari desa tetangganya, karena ada laporan bahwa jin dan setan dari desa tersebut berbahaya bagi kesehatan masyarakat sekitar.

Oh. My. God.

Satu hal terakhir. Itu tidak mungkin urusan inframerah. Bahkan inframerah itu TIDAK BISA DILIHAT MATA MANUSIA. Hentikan kekonyolan “sinar merah” itu.



19 Responses to “Menjawab telepon TIDAK AKAN membunuhmu. Tidak juga pesan berantai, sms, atau sampah lainnya.”

  1. Heh, lama-lama telinga saya udah kebal dengerin HOAX.😆

    Apalagi sampai kekonyolan dalam hierarki komunikasi, duuuuhhh gustiiii….

  2. Nampaknya yang terbunuh bukan orangnya, tapi imannya…😕
    ….Sudah sebegitu rusaknya-kah orang-orang kita? -__-“a

    *lirik arsip Y! Messenger yang sebagian isinya adalah pesan send-all semacam itu dari teman-teman sekelas*

  3. Itu adalah kartu neo-fasisme! NEO-FASISME!! NEO-FASISME!!!
    *dihajar*

    Hahaha, beginilah masyarakat dengan kepercayaan pada hal mistis yang masih begitu tinggi.😀 Didukung dengan lingkaran edar komunikasi yang bagus.😛

  4. wah Hoax makin parah aja, dalam kasus beginian orang Indon kelihatan parnonya, payah deh!
    saya juga sering bertanya-tanya, mereka yang percaya sama hoax begituan percaya sama Tuhan gak sih?

  5. wah anak sd itu harus diusut karena menyebarkan berita yang meresahkan masyarakat

  6. yah beginilah kalo rakyat endonesia masih terjajah dalam kebodohan dan ketololan

  7. 7 zahra

    yang lebih anehnya lagi…

    media teleisi/cetak yang dianggap bertanggung jawab atas opini yang terbentuk di masyarakat, lebih senang mem-blow up berita-berita (bahkan berita ttg hal gaib) yang meresahkan masyarakat tanpa cek ricek sampai tuntas…

  8. 8 ika

    hahaha berita beginian malah berasa lucu,,hihihihi

  9. 9 rizkivmaster

    Secara fisika akan terjawab semuanya bahwa itu semua HOAX. *ilmiahnya saia gak maw berucap banyak, coz persediaan puyer enam belas saia udah abis, thh*
    Tapi hebat juga yg bikin tipuan kayak gt. Bisa buat orang seantero Indonesia ini percaya.

  10. 10 adit

    kenapa para politisi itu tidak bertindak ?, mengambil kesempatan dalam kesempitan

    maksudnya kan ini menjelang pemilu…… tinggal konperensi press,

    “saya kemarin bersama tim saya telah membersihkan secara ghaib pelaku santet sms itu”

    so sapa tau nanti di tahun 2009 bisa jd Presiden karena dianggap Pahlawan oleh masyarakat😀

  11. Oh God, LMAO hahahaha

    “Dendam sama George Bush? Kirim sms tadi, dia nggak ngerti bahasa Indonesia, tewaslah dia. Nggak usah susah-susah bom, tembak, apapun… Kirim sms, tuntas. Ngapain ribet-ribet?”

    ^ Hahahahaaha ketawa gw sama yg ini!

    postingan lo the best dah mal!
    pretty much agree with everything you said!

  12. 12 steax

    Senang orang menikmatinya, hahaha:mrgreen:

    Sekarang, tinggal merujuk pada postingan Peter Answers, untuk membuktikan betapa orang bahkan tidak bisa membaca isi blog (ini), bahkan mencoba “melakukan” hal tersebut dengan form komentar (ini)

  13. 13 Kyu Renjo

    WAHAHAHAHAHAHAHAHAHA!!!

    Sambungan:

    Pak SBY: Kita harus membersihkan negara kita, dari jin dan setan yang berbahaya bagi kesehatan bangsa Indonesia. Indonesia, BISA!!!

    Turis AS: Hah? Wabah jin melanda Indonesia??? Harus dilaporkan!!!

    Menteri Pariwisata AS: Dengan ini, saya melarang wisata ke Indonesia, karena Indonesia adalah negeri s*tan!!!

    George W. Bush: Putuskan hubungan diplomatik dengan Indonesia!! Kalau tidak, saya disantet!!!

    Barack Obama: Pilih saya!!! (gak nyambung)

    Kyu Renjo: Jangan! Pilih saya saja!!! (makin sesat)

    Naaaah, apa yang akan terjadi berikutnya? Sangat mengerikan!!! Indonesia akan DIBOM NUKLIR untuk mencegah penyebaran jin!!! Negara kita akan diblokade!!! Diisolasi!!!

    KEHANCURAN!!!

    Makanya, banyak2 berlatih ayat kursi, jangan bisanya nge-blog saja!!!^.^

  14. Analogi yang sangat bagus. Itulah yang namanya gosip, smakin digosok smakin sip. Kalo suatu cerita ga dihiperbola, ga bakal laku tuh cerita. Dan begonya orang yang nerima cerita itu malah nambahin lagi. Yach, itulah manusia…

  15. Anak SD itu harus ditangkap karena memberikan cerita yang subversif! Meresahkan masyarakat! Mengganggu kestabilan nasional! Tidak sesuai dengan Pancasila!

    keren juga…ngakak gua.

  16. 16 sp525

    gw suka gaya tulisan lo

  17. 17 nay

    gue rasa lo punya bakat untuk menulis suatu karya yg fenomenal suatu hari nanti .😉


  1. 1 Chickenstrip 99: Red Screen of Death « Comicstrip, Linux, Ruby and Chicken’s Life.
  2. 2 Sms merah, telpon merah, setan merah, infra merah, darah merah, mawar merah « Blognya Sandy

Tinggalkan Balasan

