Penyebab Labschool Kebakaran

01Agu08

Berikut adalah analisa dari penyebab kebakaran di SMA Labschool Jakarta, dan seluk beluk produk yang menjadi asal muasal ledakan.

Disclaimer: Saya akan berusaha memberikan pandangan yang senetral mugngkin, tapi tentunya tidak akan bisa netral sempurna karena kekecewaan saya terhadap kejadian ini.

Produk: “Explo Protect” / “Xplo Protect”
Produsen: K-Link

Harga: Rp. 1.176,000
Fungsi: “Melindungi Mobil Dari Meledak”
Meragukan: Sekali

Kepada pembaca: Saya minta agar diingat bahwa artikel ini merupakan sekedar pemikiran kritis mengenai kejadian kebakaran di Labschool. Ia didasari konsep fisika yang sudah pasti, fakta dari sejarah yang ada, dan pemikiran logis belaka. Saya tidak bermaksud menuduh atau memfitnah, melainkan mengungkapkan claim dari produsen produk ini dan menganalisanya dengan cara yang kritis. Bacalah sebelum menyalahkan saya. Mari buat bangsa Indonesia menjadi sebuah bangsa pemikir.🙂

Tentang Bahan “Explo Protect” Ini

Mencurigakan karena benda ini tidak bisa ditemukan di internet kecuali di blog ini (atau tempat lain blog yang sama, di sini). Kutpian:

Explo Protect telah banyak digunakan di berbagai negara serta sudah teruji dan terbukti bahwa ia dapat mencegah terjadinya ledakan tangki bahan baker. Explo Protect merupakan suatu lembaran jaringan yang terbuat dari campuran logam Magnesium dan Aluminium. Explo Protect dapat mencegah terjadinya ledakan dengan berbagai mekanisme. Jika ia digunakan untuk melapisi bagian dalam tangki sampai 3000%. Explo Protect juga dapat mengurangi kecepatan reaksi berantai dari gelombang panas

Saya pribadi sih merasa kalau itu termasuk salah satu hal paling nggak jelas yang saya pernah dengar. Lebih mencurigakan lagi? Seluruh “review” di blog itu adalah produk K-Link.

Benda itu tidak bisa ditemukan di pencarian google, pencarian yahoo, pencarian answers.com, atau… pencarian di manapun. Sedangkan untuk kata kunci “Xplo Protect”, ada sejumlah website dengan kata-kata berikut (saya memberi komentar saya dalam huruf miring):

Mencegah Ledakan Pada Mobil Anda, Jaminan Untuk Properti Dan Hidup Anda.

Anda memerlukan XPLO PROTECT, walaupun mobil anda telah dilengkapo dengan sistem ABS, SRS/Airbag, maupun alat keselamatan lainnya karena hanya XPLO PROTECT yang dapat memberi jaminan keselamatan terhadap bahaya ledakan.

Oh, tentu, tentu. Kita semua takut mobil kita meledak. Iya, tiap hari ada ribuan mobil meledak sepanjang hari. Iya, iya. Fakta: Sebagian besar kecelakaan kendaraan disebabkan faktor supir atau kelalaian memperbaiki masalah teknis, bukan masalah teknis langsung mobilnya. Dan jarang sekali ada mobil tabrakan hingga terbakar seperti ledakan.


XPLO PROTECT telah banyak digunakan di berbagai negara serta sudah teruji dan terbukti bahwa ia dapat mencegah terjadinya ledakan tangki bahan bakar. XPLO PROTECT merupakan suatu lembaran jaringan yang terbuat dari campuran logam Magnesium dan Aluminium. XPLO PROTECT dapat mencegah terjadinya ledakan dengan berbagai mekanisme. Jika digunakan untuk melapisi bagian dalam dari tangki maka ia dapat memperkuat bagian dalam tangki sampai 3000%. XPLO PROTECT juga dapat mengurangi kecepatan reaksi berantai dari gelombang panas dan menekan peningkatan tekanan dalam tangki. Saat permukaan yang telah dilapisi oleh XPLO PROTECT bersentuhan dengan gelombang panas, maka ia akan menyerap semua energi kalori dan mencegahnya untuk berkembang lebih lanjut.

Rekor dunia untuk kekonyolan. Bensin tidak mudah terbakar begitu saja. Akan saya jelaskan di analisa beirkut. (Gelombang panas? Apa itu?)


KARAKTERISTIK TEKNIK XPLO PROTECT
– XPLO PROTECT dapat mencegah terjadinya ledakan dari tangki yang terisi dengan minyak tanah, solar, gas, bensin atau bahan lain yang mudah meledak baik dalam bentuk gas ataupun larutan.

Bensin dkk tidak meledak, mereka hanya terbakar. Benda meledak bila ruangnya tertutup, dan dalam ruang tertutup tidak ada oksigen untuk pembakarannya.

– XPLO PROTECT hanya menyita 2,5% dari kapasitas tangki dimana 1% untuk jaringan dan 1,5% untuk bolanya. Jika tangki dapat terisi sebanyak 100 liter maka dengan memakai XPLO PROTECT kapasitas tangki akan menjadi 98,5%.
– XPLO PROTECT dapat mencegah terjadinya proses oksidasi dalam tangki secara menyeluruh.

Oksidasi apa?

– XPLO PROTECT dapat menstabilkan larutan yang terdapat didalam tangki yang sedang bergerak seperti di dalam kapal dan mobil truk.

Dari dulu juga udah stabil…

– XPLO PROTECT tidak memerlukan teknik pemeliharaan khusus selama digunakan.

Oh tentu. Orang nggak perlu diapa-apain…

– XPLO PROTECT sepenuhnya cocok dengan semua bahan yang mudah meledak tanpa terjadi reaksi dan mengubah unsur kimia yang terdapat didalamnya.– XPLO PROTECT dapat menghilankan semua tegangan elektrostatik.

WOGH ELEKTROSTATIK; kata-kata keren? Jelaskan apa hubungan tegangan elektrostatik (yang bisa ada kertas nempel di penggaris itu lho) dengan kebakaran bensin.

PETUNJUK PEMAKAIAN :
Anda hanya memerlukan waktu sekitar 5 s/d 10 menit untuk memasang XPLO PROTECT pada mobil anda.
– Buka penutup lubang tangki BBM mobil.
– Masukkan selang untuk mengukur kedalaman tangki.
– Gulungkan XPLO PROTECT pada selang.
– Masukkan gulungan XPLO PROTECT ke dalam saluran tangki BBM.
– Putarkan selang dengan arah yang berlawanan dengan arah gulungan guna untuk melepaskan gulungan XPLO PROTECT.
– Anda bisa menguji efektifitas dari XPLO PROTECT dengan cara menyalakan api di ujung saluran tangki BBM yang telah dilapisi XPLO PROTECT.

Wahahahaha!! Pengguna dibolehkan bermain api dengan kendaraan mereka. Luar biasa. Sepertinya memang bencana hanya menunggu waktu.

Sekarang, beberapa fakta.

  • Bensin tidak akan terbakar “sendiri” (disebut autoignition) dalam suhu di bawah 246 derajat celsius.
  • Pembakaran bensin membutuhkan campuran udara dan bensin yang tepat. Jika campuran tersebut perbandingannya tidak tepat, bensin tidak akan terbakar.
  • Bensin hanya dapat terbakar bila ada oksigen. Jika penutup tanki ditutup saat ada api, oksigen pun hilang dan api padam.
  • Bensin terbakar, tidak meledak. Jika ingin meledak maka harus ada ruang terutup sehingga tekanan bisa bertambah; dan dalam ruangan tertutup tidak ada oksigen untuk melanjutkan pembakaran.

Bahan Bukti Pasti: Sebuah Video “Xplo Protect”!!

Paraaaah!! Jelas saja apinya padam. Api memerlukan oksigen. Tangki ditutup, oksigen hilang, api padam. Nggak perlu pakai bahan ajaib apa-apa juga bisa.

Nah, yang fatal adalah apabila bensin dibiarkan terlalu lama terbuka. Yang terjadi adalah uap bensin tersebut mulai menyebar dan akibatnya itulah yang terbakar. Hmm.

“Kutpian Pengguna”:

Raudlatul Aniq M @ Kamis, 31 Juli 2008 | 16:08 WIB
beberapa kali saya coba produk explo ini di beberapa merk sepeda motor alhamdulillah tidak pernah terjadi kebakaran,bahkan saya sering melakukan demo explo ini pada sepeda motor orang lain,yang otomatisnya explo itu dimasukkan dan tidak sampai 5 menit,tangki sepeda itu saya bakar..dan luar biasa..tidak ada kebakaran..!! Insiden ini mgkn terjadi karna penggunaan yg salah atau faktor external.trims.

Hoho. Tidak pernah terbakar. Iya, ratusan motor yang saya tahu selama 20 tahun terakhir juga tidak pernah meledak tanpa alasan sendiri… Dan sepertinya ia juga tidak mengerti bahayanya membuat “demo” seperti ini… Apa orang nggak tahu ya bahwa tangki bensin yang tidak dibuka akan sulit dibakar?

Fayyadl Jogja @ Kamis, 31 Juli 2008 | 15:52 WIB
insya Allah ini insiden kasuistik. sebab saya sendiri tahu kualitas dari explo yang bagus. produk explo setahu saya sudah ada lebih 3 tahun lalu di indonesia, dan dari ratusan kali demo produk ini tidak ada kejadian apa-apa. artinya, produk ini memang teruji keamanannya. bisa jadi, kebocoran bahan bakar itu penyebabnya. atau sepeda motor yang diuji sedang bermasalah. saya yakin k-link sebagai perusahaan yang bonafid pasti memberikan yang terbaik untuk customernya.

Silahkan buat keputusan anda sendiri, saya lelah berargumen… 1000 kali dicoba tidak meledak belum tentu akibat produk ini sama sekali, dan bukan jaminan tidak akan meledak lagi. Apalagi di dalam ruangan tertutup. :mrgreen:

Sumber: Kompas.

Kesimpulan

Produk ini sangat meragukan. Tidak ada yang mengerti bagaimana cara penggunaannya maupun mengapa benda itu ada sama sekali. Di mata saya pribadi, itu adalah sesuatu yang memanfaatkan ketidak mengertian orang Indonesia… Harganya saja mahal sekali.

Yang pasti, pengguna produk ini tidak terlatih ataupun mengerti mengenai pembakaran. Akibatnya, mereka melakukan kesalahan yang menghanguskan begitu banyak ruang belajar di SD, SMP, dan SMA Labschool.

Semoga mereka belajar.

~ Rizqi Djamaluddin



95 Responses to “Penyebab Labschool Kebakaran”

  1. dasar K-LINK tidak mementingkan keselamatan pengguna.
    saya aja sempat minum produk K-LINK (suplemen makanan) langsung sakit perut dan mencret-mencret……
    (jd malu)

  2. 2 anak xf

    dasaaaar k-link menyebalkan DAMN……

  3. Yang benar menghemat saja pemakaian bahan bakarnya, dengan menggunakan teknology catalyst yang dapat membuat kondisi ruang bakar panas temperaturnya dapat di stabilkan dengan adanya lapisan nano catalyst, sehingga panas tersebut dapat menghantar bahan bakar agar terbakar dengan cepat walaupun kondisi bahan bakarnya rendah octane nya atau pembakarannya lambat.

    Untuk informasi, silahkan hubungi saya. Saya menggunakan Innova 2007, sebelumnya pake Shell 1:7km sekarang jadi 1:9.8km dalam kota dari Lippo Karawaci to Jakarta Pusat (P/P).

    Rgds,

  4. 4 Rony

    Produk K-Link gak benar tuh, saya kapok membelinya karena manfaatnya tidak sesuai dengan promosinya. Bagi pembaca yang mau produk K-Link hubungi saya, saya mau kasih gratis karena saya gak mau konsumsi lagi.

  5. @Yohanes: Sesungguhnya dari segi ilmiah saya kurang mengerti apa teknologi yang sedang disebutkan itu. Aditif bensin ada banyak, jadi perbedaan 30% dengan aditif belum tentu banyak berarti. Sekedar dengan memastikan ban terisi penuh, meminimalisir waktu mesin dinyalakan, bahkan mood si pengemudi bisa berpengaruh 30% juga.

    Ya, tapi saya yakin katalis memang ada. Yang jadi perkara di sini bukan itu.🙂

    @Rony: Wah, nggak merasa rugi? Barang-barang K-Link harganya gila-gilaan untuk hal yang meragukan teknologinya…

  6. 6 thiya

    Lagian ada2 aja…masa demo alat yg JELAS2 b’hubungan ma bensin yg otomatis bisa menimbulkan api dilakukan di DALAM RUANGAN!emangnya pembuat produk X-plo itu ga tau kimia ya?ga profesional bgt!!Kita pny bnyk kenangan di XF!

  7. Dalam bisnis yang namanya tipu-menipu (barangkali) biasa tapi kalau sampai menimbulkan kerugian pihak lain apalagi sampe ngebakar sekolah, musti dituntut ke pengadilan.
    Tapi entah kenapa saya sih yakin sekarang ini K-Link sedang sibuk mengubah strategi pemasaran, dan menjadikan teroris dan produser film action untuk sasaran penjualan XPLO-PROTECT ( yamng malah memudahkan kendaraan anda untuk meledak ).

    K-LINK, jangan sampai kami alumnus-alumnus labschool (yang banyak diantaranya selain blogger, juga praktisi web designer, IT application developer, advertising, dan broadcasting) membuat keadaan dan gossip semakin parah sampai perusahaan anda (dan para owner) harus pindah berbisnis di timbuktu.

    Segera akui (saya berusaha sesopan mungkin) ke-G*BL*K-an anda di depan media, selesaikan ganti rugi, dan rubah businessplan anda berjualan produk dalam negeri secara bertanggung jawab, jangan cuma beli produk luar murahan lalu dimarkup 300 – 1000% cuma karena tulisannya berbahasa /bertulisan asing!
    Selain itu anda juga merusak nama baik bisnis MLM lain yang produknya benar2 berkualitas, segera minta maaf juga dan segera urus perusahaan anda di APLI!

    Best Regards,
    – Alumni Labschool thn. 94

  8. 8 Sir Arthur Moerz

    hooo….
    tapi diliburin gak yah…
    hehehe..

  9. 9 Ayu

    Aduh, kok bisa separah itu sih?
    masa dasar ipa kl api itu butuh oksigen ajah gak tau? itu khn pelajaran dari SD gituh…

    Yang paling penting kok bisa-bisanya orang yg “bikin” XPLO itu gak mikir kl ini bahaya banget yah?trs gak tau malu lagih mengambil kesempatan dr orang2 kyk gth

    can’t we take this to court? and I mean ALL of us

  10. – Anda bisa menguji efektifitas dari XPLO PROTECT dengan cara menyalakan api di ujung saluran tangki BBM yang telah dilapisi XPLO PROTECT.

    Sejujurnya, menurut saya, metode promosi begini yang paling efektif. Karena sebagian besar tidak akan berani untuk mencobanya!:mrgreen: Jadi susah juga membuktikannya langsung.

    Yang saya heran, kenapa percobaan begini di lakukan di dalam ruangan tertutup? Mudah-mudahan ini bukan konspirasi deh.😆

    *dan lo bener-bener niat ya, mal, sampai ada di xkcd segala😀 *

  11. 11 vicky

    kalau mau lihat lebih lengkap tentna EXPLO CONTROL telusuri dgn google

  12. 12 vicky

    ingat EXPLO CONTROL bukan explo protect.sy sdh cek ternyata emang ada data tentang explo tersebut.jadi produk tersebut bukan produk kacangan.jgnlah memberikan pendapat yg belum pasti tau & ngerti kebenarannya.mudah2 kita dpt mengambil makna dr peristiwa ini.bye……….. jgn reply karna sy hanya menyampaikan apa yg harus diketahui oleh banyak orang.

  13. 13 vicky

    telusuri explo control dgn google di webnya bukan di halaman dari indonesia atau tergantung pilihan.

  14. @vicky: Saya sekedar menarik dari produk itu di sini. Dari teks title-nya sepertinya ada kesalahan di pihak mereka dalam branding produk. Mungkin pengemasan ulang produk lain?

  15. 15 DAMAR

    Moga bisa cepat di bangun dan siswa bisa belajar lagi!

  16. semoga Lab School dan UNJ bisa dibangun lebih megah lagi dengan kejadian kebakaran ini …. amin

  17. 17 Nino Sasino

    sedih d denger labs kebakaran……….
    lagian udah gede maen api n bensin
    TOLOL!!!!!

  18. Iki cah labschool sing ngene kabeh tho…😕

    *mlayu*

    *kabuuuur sebelum dikeroyok* 😆

  19. 19 Cikal

    slamat sore pa, bu, mas, mba….

    sedih jg sih, teater besar itu tempat gw diospek, tempat gw ngospek dll, sekarang lenyap,, ya udahlah ga usah pake urat, gw yakin semua org yg terkait jg pasti menyesalkan kejadian ini, dari labschool,unj,k-link dan warga sekitar, ga ngepek banyak jg kalo kita menghujat org disini, mending do it something real, nyumbang tenaga or materiil, or others we can do,, sama2 berdoa aja mudah2an semua bs balik seperti semula or even much more better…

    Alumni FE UNJ 00

  20. 20 Ayaa Widya

    k-link bohong kali tuhhhh. kan ga smuanya bs berhasil, buktinya labs kebakaran KARENA SIAPA ya? ayoooo mikir

  21. Stupid MA LINK K-LINK !!!

  22. 22 alva

    wah terima kasih ulasannya bro…

    lalu tindak lanjut dari PT.K-Link sendiri gmn ya? masak gak ada ganti rugi sama sekali

  23. ikut berduka cita buat seluruh teman2 alumnus labschool

    yang patut amat disayangkan adalah penghindaraan tanggung jawab dari K-Link

    seperti semua MLM-MLM lain

    terutama yang di bawah APLI

    ketika masuk MLM, anggota telah tanda tangan pasal kalau :
    tidak ada hubungan kerja dan hubungan hukum apapun antara MLM-perusahaan MLM dan distributor
    semua tanggung jawab hukum ada di tangan distributor

    ini yang berat
    karena MLM pasti cuci tangan dan korbankan si distributor
    yang notabene mendapat semua pengetahuan dan fanatismenya dari si MLM itu sendiri

    semoga cepat dibangun lagi

  24. Nama productnya Explo-Pro mungkin? bukan Explo-Pro..tect

  25. 25 dvd

    hmm, ni kasus heboh bener y..🙂

    gw baca kmaren di motorplus..
    tu dijelasin sebab n akibat’a..
    trz ad jg foto demonstrasi nyalain rokok pke api yg berasal dr tangki bensin yg udh dilapisi produk itu..

    klo mnurut gw sih agk gk fair jg klo qta nyalahin k pusat’a..
    cz pihak agen’a ngangkat to motor k lantai 2 jd tu bensin bceceran dah..
    bisa dblg ni kejadian human error, bkn product error..

    mu nanya k yg nulis..
    emg klo buka tangki bensin, udara gk masuk y?

  26. @dvd: Butuh waktu lama untuk udara dan bensin bercampur hingga ke konsentrasi yang cukup untuk terbakar. Sebagian besar bensin berupa cairan, jadi harus menguap dulu juga. Kalau buka botol tehbotol, udara masuk nggak?😉

    Terima kasih semua untuk dukungannya… Mohon maaf saya nggak bisa jawab satu-per satu…🙂

  27. Produk: “Explo Protect” / “Xplo Protect”
    Produsen: K-Link
    Harga: Rp. 1.176,000
    Fungsi: “Melindungi Mobil Dari Meledak”

    Tapi sayangnya ga’ melindungi gedung dari kebakaran.
    K-Link harus bertanggungjawab!

    Rakyat Labs dan UNJ harus menuntut pertanggungjawaban…

  28. 28 yuhendrablog

    hati-hati kalau menulis, ntr di tuntut ama perusahaannya loh ??
    ntr dituduh Penghinaan nama baik,
    seperti kasus seorang blogger yang menyebarkan poto SBY dan Bambang Tri
    ada kebebasan namun masih dalam koridornya

    terima kasih.

  29. 29 rita

    Ini yang nulis comment satu orang aja kan, sori ya gue ga percaya dengan blog ini. Maaf sama seperti tidak percayanya kamu terhadap k-link. Mudah2an ga ada konspirasi dibalik kebakaran ini ya…… maaf sekarang jaman konspirasi toh?????

  30. 30 ardi

    k-link yg MLM malaysia itu yaaa, masih mau aja jualin produk malaysia🙂 terbukti kan kalo produknya bikin bahaya, sy pernah ditawarin suplemen dan produk kesehatan nya,,, untung aja gw ngak tertarik.

  31. 31 johdoe

    hmm….apakah ada fungsinya kalau kita melakukan hal tersebut (membuka tangki kemudian membakar) ? boys and girls please dont try this at home its dangerous…..

  32. 32 uta

    numpang nongol yeuh…

    kasus explo protect ini lumayan heboh ya…
    sy sgt bsimpati dgn kejadian ini.kasihan anak2 labs,jd ngungsi.
    ada baiknya ditinjau dgn baik,jgn mnuduh dan menyudutkan.
    menurut sy si bukan produknya, tapi barangkali mungkin apabila jika dan bagaimana (hwaduh), kayanya emang ada human error pas kejadian itu…
    dan maaf ya… bukan sok pinter…
    teori yang Anda tulis memang benar, autoignition, dll memang benar, tapi coba liat buku lagi deh..kayanya ada yang dilewatin (tar kalo sy yg ngmg blg sok pinter jd cari sndr aj yah, especially ’bout electrostatic)

    ttg kebakaran yg ktny gr2 explo protect y menurut sy (entah menurut Anda) salah paham.soalnya, jelas2 produk ini diasuransikan smp berapa milyar gitu (mn ada sih produk gagal/rekondisi atau apa berani dikasih asuransi segede gitu),pasti ud dites&ada pcobaan dl sm si pmbuat.dan setau gw pabrik yg bikin bukan pabrik kacangan (bukan K-Link loh, tp di Amerika sono)

    Yg perlu dselidiki bgmn cr mereka mlkkn demo krn pst ad yg slh pas nglakukanny.

    N u/K-Link sendiri, memang harus mnunjukkan tanggung jwbnya, bukan krn kode etik atau apa tp jg sbg tnggng jwb moral.Bgmn pun ini produk Anda, & kshn anak2 labs,UNJ sm korban (ad g?). Plg tdk dgn mnnjkkn tggjwb Anda, Msyrkt akan lbh bsimpati atau plg tdk mereka merasa Anda turut btgg jwb.

  33. 33 alianis

    ya, gw juga heran, gak ada api kok ada asap. maksud gw, gw gak pernah mendengar ada kecelakaan mobil/motor yang meledak, lalu buat apa menciptakan alat anti meledak?

  34. hati-hati kalau menulis, ntr di tuntut ama perusahaannya loh ??
    ntr dituduh Penghinaan nama baik,
    seperti kasus seorang blogger yang menyebarkan poto SBY dan Bambang Tri
    ada kebebasan namun masih dalam koridornya

    terima kasih.

    Saya menggunakan data yang sepenuhnya adalah milik umum, sekedar menjadikannya satu kesatuan yang lebih teratur. Saya tidak membongkar rahasia/bahan sensitif atau mengandung data ciptaan saya sendiri.

    Ini yang nulis comment satu orang aja kan, sori ya gue ga percaya dengan blog ini. Maaf sama seperti tidak percayanya kamu terhadap k-link. Mudah2an ga ada konspirasi dibalik kebakaran ini ya…… maaf sekarang jaman konspirasi toh?????

    Sekarang zaman konspirasi bukan berarti semuanya konspirasi.😉 Ya, saya hanya menyimpulkan semua data yang ada, dan menghubungannya dengan insiden kebakaran di Labschool. Kalau ternyata memang konspirasi ya… Kita juga nggak akan tahu.😛

    ttg kebakaran yg ktny gr2 explo protect y menurut sy (entah menurut Anda) salah paham.soalnya, jelas2 produk ini diasuransikan smp berapa milyar gitu (mn ada sih produk gagal/rekondisi atau apa berani dikasih asuransi segede gitu),pasti ud dites&ada pcobaan dl sm si pmbuat.dan setau gw pabrik yg bikin bukan pabrik kacangan (bukan K-Link loh, tp di Amerika sono)

    Yg perlu dselidiki bgmn cr mereka mlkkn demo krn pst ad yg slh pas nglakukanny.

    Ya, saya tidak menyalahkan produk ini sepenuhnya untuk kebakaran tersebut. Yang ingin saya angkat adalah kesalahpahaman orang yang menangani produk ini, hingga bisa terjadi musibah seperti ini juga. Mungkin sebenarnya produk itu punya fungsi, tapi yang pasti, ada kesalahan fatal juga dalam produk ini: mengajak pengguna mencoba membakar tanki bahan bakar mereka sendiri.

    Walaupun ciptaan amerika, belum tentu produk itu 100% benar… Teman-teman saya (beberapa di antaranya memiliki keahlian dalam bidang kimia/mesin/pyroteknik) juga mengatakan bahwa sebagian hal-hal yang “dipromosikan” dalam produk ini perlu dipertanyakan. Hal inilah yang saya cantumkan dalam post ini.

    ya, gw juga heran, gak ada api kok ada asap. maksud gw, gw gak pernah mendengar ada kecelakaan mobil/motor yang meledak, lalu buat apa menciptakan alat anti meledak?

    Tepat pikiran saya.:mrgreen: mungkin besok akan ada bahan anti-lemari-es-mencair…

  35. 35 ferry

    Kawan, boleh kasih saran khan? Thanks.
    Kayaknya mendingan membuat kesimpulan kalo udah diduluin dengan data yang lengkap, dukung dengan teori ilmiah yang kuat, lakukan research, buatlah hipotesa2 awal dengan rasio bukan emosi. Apalagi anak Labs, hati2 lho ntar malah maluin Labschool.

    Sori Bro, gw jg jebolan Labs. Gw SMP kumplit disana dari kelas 5 ampe 9, sedih ngeliat sekolahan kita jadi begini.

    Kebetulan gw juga pake alat ini. Alat ini memang anti ledak teknologi Jerman (bukan amerika), soal ilmiahnya tanya aja langsung ama penemunya kalo perlu datengin tuh k-link, deket kok di tebet. Memang dia bisa meredam reaksi berantai. Gw bukan tipe pemberani untuk berteori sendiri tanpa tau banyak dulu, karena gw bukan expert, dari pada gw malu sendiri ntarnya, jadi gak bisa info banyak tentang teorinya. So langsung aja tanya ke k-link-nya.

    Mengenai fungsi menurut gw masih logis. Kenapa kita perlu alat ini. Contohnya kalo terjadi accident mobil yang teguling, mungkin orangnya udah patah2 dan bedarah2. Bagaimanapun dia masih punya harapan hidup kalo cepat diselamatkan. Tapi kalo terjadi ledakan, yah lain cerita…harapannya ilang deh. Walaupun peluang terjadinya 1 banding seribu atau 1 banding sejuta kék tetap aja si 1 ini bisa terjadi dan terjadinya pada siapa kita gak akan tau. Makanya perlu proteksi yang mana alat ini umurnya long life dengan harga segitu. Produk asuransi aja laku kok walaupun gak ada orang yang mau celaka, kehilangan dll, tapi tetap perlu.

    Gw udah sering banget liat demonya, tangki besi berisi minyak dilas gak meledak. Motor, mobil mulut tangkinya disulut, apinya nyala tapi gak meledak. Berkali-kali semuanya aman gak terjadi apa2.

    Mengenai K-Link setau gw dia top 5 di APLI dari 100an lebih perusahaan, gak mungkinlah sembarangan.

    Jadi mari kita liat apa yang sebenernya terjadi, mungkin ada salah prosedur atau kecerobohan dari distributornya saat demo, ya macam2lah kemungkinannya dan besar kemungkinan bukan kesalahan alat. Nah kalo udah jelas barulah abis itu kita sesumbar.

    Setuju gak Bro’?

    Peace & salam,
    Ferry

  36. alo smuanya…
    w juga mo kc pendapat n saran nich..

    w juga setuju tu m pendapat nya ferry…
    w juga salah satu distributor k-link…
    y w udah sering ikut upline w demo produk ni. Didepan mata kepala w sendiri lagi. truz juga w da pegang api yg nyala diatas motor yg pake produk ini wktu didemo.. n tangan kita g bs kebakar kq..

    y klo soal ledakan tu mgkn kesalahan dari distributor yg sala demo kali ato ada hal-hal lain dluar prosedur dan mgkn juga ada kemungkinan or penyebab lain..

    Jadi y klo mo tau lebih lanjut tanya aza dech ahlinya..
    lgan kita juga punya vcd orang yg demoin.. yg bicara gimana manfaat, cara kerja ampe demo nya..

    y bagi temen2 coba cari tau dulu dech…
    kita kan g mesti pandang satu masalah dari satu sisi z…
    coba dech liat sisi yg laen…

    salam sejahtera ya

    yanthi

  37. Mari kita berdiskusi di sini. Saya terbuka untuk semua pembahasan kok.🙂

    Pertama, seluruh teori yang saya gunakan adalah fakta yang dapat ditemukan di referensi fisika. Kedua, saya juga menggunakan pendapat orang yang memang berasal dari bidang ini. Ketiga, saya tidak menciptakan hipotesa; yang merupakan poin penting dalam analisa saya adalah kekeliruan dalam teknis pelaksanaan produk ini sehingga bisa terjadi kebakaran. Hipotesa yang saya gunakan adalah hipotesa yang diterima saat ini: bahwa kelalaian dalam penanganan produk dalam persiapan demo di gedung Teater Besar UNJ menyebabkan kebakaran. Setuju?😉

    Mengenai fungsi menurut gw masih logis. Kenapa kita perlu alat ini. Contohnya kalo terjadi accident mobil yang teguling, mungkin orangnya udah patah2 dan bedarah2. Bagaimanapun dia masih punya harapan hidup kalo cepat diselamatkan. Tapi kalo terjadi ledakan, yah lain cerita…harapannya ilang deh. Walaupun peluang terjadinya 1 banding seribu atau 1 banding sejuta kék tetap aja si 1 ini bisa terjadi dan terjadinya pada siapa kita gak akan tau. Makanya perlu proteksi yang mana alat ini umurnya long life dengan harga segitu. Produk asuransi aja laku kok walaupun gak ada orang yang mau celaka, kehilangan dll, tapi tetap perlu.

    Jarang sekali dalam sebuah kebakaran terjadi ledakan. Sangat amat jarang. Untuk bukti, silahkan cari foto kecelakaan kendaraan; mobil biasanya tidak gosong atau hancur berkeping-keping. Memang ada kalanya terjadi kebakaran, namun saya sekedar mempertanyakan apakah ini sesuai dengan harga produknya. 59% kematian dalam kecelakaan mobil disebabkan tidak memakai sabuk pengaman. Dan itu harganya jauh lebih murah.

    Gw udah sering banget liat demonya, tangki besi berisi minyak dilas gak meledak. Motor, mobil mulut tangkinya disulut, apinya nyala tapi gak meledak. Berkali-kali semuanya aman gak terjadi apa2.

    Sekali lagi: Bensin terbakar, tidak meledak. Bensin harus memiliki campuran tepat dengan oksigen agar dapat terbakar. Yang terkadang terjadi adalah uap bensin yang bercampur dengan udara di sekitar tangki, yang kemudian “menyambar”. Ketika mulut tangki disulut, yang terbakar tentu hanya bensin di permukaan. Ketika menyulut lilin, yang terbakar hanya yang paling atas, bukan seluruh lilinya seketika kan?

    Saya perlu pastikan agar tidak salah pengertian: Saya sedang mengungkit masalah yang mungkin berada dalam produk ini; saya menelusuri segala kemungkinan penyebab bencana ini. Saya tahu bahwa post saya mungkin tampak offensif; sejujurnya itu terjadi akibat emosi saja. (Sebenarnya menurut saya sih, masih baik saya kalau kesal seperti ini memakai pikiran. Orang indonesia kebanyakan asal marah saja.😛 )

    (Saya akan lakukan reply per-post agar lebih mudah.)

  38. y w udah sering ikut upline w demo produk ni. Didepan mata kepala w sendiri lagi. truz juga w da pegang api yg nyala diatas motor yg pake produk ini wktu didemo.. n tangan kita g bs kebakar kq..

    Untuk saya pribadi, ini hal paling menakutkan. Perusahaan yang mengajarkan staffnya untuk membakar bahan yang didesain untuk terbakar, di depan umum, tanpa sistem pengamanan, apalagi sampai menyentuh…

    y klo soal ledakan tu mgkn kesalahan dari distributor yg sala demo kali ato ada hal-hal lain dluar prosedur dan mgkn juga ada kemungkinan or penyebab lain..

    Jadi y klo mo tau lebih lanjut tanya aza dech ahlinya..
    lgan kita juga punya vcd orang yg demoin.. yg bicara gimana manfaat, cara kerja ampe demo nya..

    y bagi temen2 coba cari tau dulu dech…
    kita kan g mesti pandang satu masalah dari satu sisi z…
    coba dech liat sisi yg laen…

    Saya belum menarik kesimpulan untuk apa tepatnya yang menyebabkan kebakaran, jadi memang saya sedang mencari penyebab. Dalam perjalanan mencari penyebab ini, saya menemukan beberapa hal yang aneh, jadi saya cantumkan dan selidiki juga.

    Saya orangnya terbuka kok.😉

  39. Sebuah link mengenai sulitnya mobil terbakar: di sini.

  40. nimbrung nih bro
    memag permasalahan nya rumit ya bro
    saya juga ga ngerti tentang fisika, tapi saya sering melihat demo produk itu dan memang terbakar bagian atasnya saja (mulut tangki) nya. tapi bro pernah ga berusaha untuk membuktikan omongan bro dengan mengajak orang yg punya produk ini untuk melakukan demo dan membandingkannya dengan demo tanpa menggunakan produk ini.
    ga usah demo dengan menggunakan motor ato mobil deh. coba aja dengan menggunakan 2 kaleng minuman (soft drink) yang diisi bensin. 1 kaleng diberi produk ini dan yang 1 nya lagi tidak. coba bro buktikan apakah memang semuanya akan menyala di bagian mulut kaleng itu saja seperti yang bro katakan, atau yang satunya langsung terbakar dengan nyala yang besar. so bro nanti baru bisa bicara lebih detail dengan bukti tersebut.
    saya tidak memihak siapa2 kok bro. hanya saja kalau hanya sekedar omongan ditambah teori2 fisika aja tanpa pengujian atau pembuktian maka pendapat bro kurang bisa dipertanggungjawabkan.
    mungkin dari ilmu fisika bro jagonya, tapi apa bro menjamin kalau bro exprt dalam fisika?
    so untuk membuktikannya silahkan bro ajak orang untuk melakukan percobaan ini.
    untuk keamanan silahkan dicobakan di tempat yang terbuka dan luas, seperti lapangan atau halaman yang luas yang dijamin tidak menimbulkan bahaya. dan dipicu dari tempat yang jauh dengan menggunakan apa aja yang bisa memicu api tersebut. saya tidak menyarankan untuk membakarnya dari dekat karna mungkin bisa membahayakan.
    so silahkan dicoba bro
    saya tunggu hasilnya
    tapi klo bro ga mau mencobanya, saya rasa bro ga’ layak untuk bicara dan berkomentar tentang ini.

  41. 41 Lita

    KASIHAN DEH K-LINK

    Yach sudah nasi sudah jadi bubur, mau diapain lagi, kalo menurut saya itu HUKUM KARMA bagi K-Link dan para distributornya…Jika berbisnis, juganakn etika, jgn halalkan segala cara, seperti : Menjelek-jelekkan perusahaan/MLM lain. Biasanya org yang menjelekkan org lain adalah orang yg gak PD dan memang DIA SENDIRI YANG JELEK…

    Bagi MLM lain yang pernah dijelek-jelekkan oleh K-Link, tetap bersabar, itu Promogratis buat anda..

  42. @ zulfadli harahap:

    Sungguh, saya ingin sekali mencobanya. Tapi saya tidak perlu, dan itu bukan karena teori belaka, melainkan logika sederhana. Saya ulangi sekali lagi: bensin terbakar, tidak meledak. Percobaan di atas tidak membuktikan apa-apa, karena memang kata produk itu (dan kenyataan) bahwa sang tangki akan terbakar permukaan (luar)nya. Saya rasa kita setuju mengenai hal itu.

    Jika masih mempertanyakan bensin “meledak”: definisi ledakan adalah perlunya tekanan. Bensin tidak melakukan ini, atau mobil kita akan meledak seketika saat dinyalakan. Saya dapat saja menguji ini, namun di berita (demonstrasi kan sering ada acara bakar-bakaran dengan bensin) dan sumber lainnya kita sudah dapat melihat bahwa bensin bukanlah peledak.

    Karena produk ini memang tidak membuat bensin tidak terbakar (tentunya begitu, jika produk ini membuat bensin tidak bisa terbakar, mobil tidak akan berjalan sama sekali), melainkan mengakui mengurangi bahaya ledakan, percobaan yang disebutkan tidak akan membuktikan apapun. Bensin memang akan terbakar, dan jika tidak, maka bensin itu tidak berguna.

    Soal “nyala yang besar”: ini agak relatif. Yang terjadi dalam sebagian kasus kebakaran adalah adanya uap bensin yang bercampur dengan udara sekitar dan menyebabkan udara itu “terbakar”, dan mungkin tampak seperti “meledak” atau “apinya besar. Sesungguhnya jika produk ini mengurangi daya bakar bensin, maka tentunya produk ini malah mengurangi efisiensi mobil. Daya bakar bensin berkurang = energi dari bensin berkurang = energi kendaraan berkurang.

    Jadi, jikapun produk ini malah membuat api lebih kecil, saya rasa itu akan lebih merugikan dari pada menguntungkan.😉

    Terakhir, saya ingin mengatakan bahwa saya bukannya tidak ingin melakukan percobaan tersebut. Pertama, dari kesimpulan logika saja, percobaan ini tidak menciptakan hasil untuk membuktikan hipotesa awal. Kedua, harga produk ini sangat mahal; kecuali ada yang mau menyumbangkan dua juta rupiah?:mrgreen:

    (Dan ya, saya bukan ahli sama sekali.)

    • 43 oeya

      knapa gx dicoba…. klo dicoba kan tau faktanya…masak nuggu gua yang nyoba.. gw kan takuuut…

  43. SAUDARA…….

    APAPUN YANG ANDA UCAPKAN…..
    ANDA MEMPERTANGGUNGJAWABKANNYA DI HADAPAN TUHAN…..
    BERUCAPLAH DENGAN KEBERSIHAN HATI….
    HINDARI FITNAH, IRI, MENJATUHKAN DAN SEBAGAINYA

    TERIMAKASIH

  44. saudara……….

    jujurlah pada hati nurani………..
    jangan membohongi dan menyakiti diri sendiri,,,,
    jangan mengotori hati……….
    bangsa ini babak belur karena banyak hati penduduknya yang kotor………..
    cari solusi…
    hikmah….
    nilai baik…..
    bukan mencaci………….
    dan men

  45. ingat Tuhan mu saudara……….

  46. @irfan:
    bergunalah pada negeri…
    membantulah dalam diskusi…
    jangan hanya menkritiki…
    bangsa ini babak belur karena banyak orang yang mengatakan hal-hal tanpa sebab jelas…
    cari manfaat…
    bukan menyalahkan saja…

    ingat Tuhan mu juga…
    😀

    (Jujur saja, artikel ini tidak bermaksud untuk menjatuhkan, melainkan untuk menjelaskan apa yang dapat saya jelaskan.)

  47. Good article, semoga para pemikir kritis seperti anda bertambah banyak di negri ini.

  48. Makasih!:mrgreen:

    Saya senang dengan kaum muda saat ini, banyak pemikir kritis yang tidak takut berpendapat! Banyak yang pakai blog sebagai salurannya…

  49. Mungkin karna ke goblokan Kami Labschool jadi keling. Kaya nya Kami harus sekolah di SLB.

  50. 51 tiok

    para komentator yang budiman,
    hendaknya anda melihat dengan mata dan hati, boleh silahkan anda berkomentar akan tetapi yang perlu anda ingat adalah sudah kah anda tau dengan detil kejadian yang terjadi? belum2 sudah mengambil kesimpulan…yah itulah rata2 dari mental orang2 indonesia…terlanjur mengkambing hitamkan sesuatu tanpa menelusuri terlebih dahulu..bangsa ini memang sudah terkotori oleh mental 2 anda yang selalu mengkambing hitamkan sesuatu…hendaknyalah kita jadi orang yang bijak melihat sesuatunya dari berbagai sisi, semoga anda adalah orang2 bijak yang bisa mengedepankan masalah dari berbagai sisi tanpa menggunakan EGO anda…ok
    salam hangat,

  51. 52 tiok

    para komentator yang budiman,
    hendaknya anda melihat dengan mata dan hati, boleh silahkan anda berkomentar akan tetapi yang perlu anda ingat adalah sudah kah anda tau dengan detil kejadian yang terjadi? belum2 sudah mengambil kesimpulan…yah itulah rata2 dari mental orang2 indonesia…terlanjur mengkambing hitamkan sesuatu tanpa menelusuri terlebih dahulu..bangsa ini memang sudah terkotori oleh mental 2 anda yang selalu mengkambing hitamkan sesuatu…hendaknyalah kita jadi orang yang bijak melihat sesuatunya dari berbagai sisi, semoga anda adalah orang2 bijak yang bisa mengedepankan masalah dari berbagai sisi tanpa menggunakan EGO anda…ok
    salam hangat

  52. nih baca pada semua…….
    http://info-k-link.blogspot.com/2007/10/xplo-protect.html

    Yang bertanggung jawab dari k-link:
    Agus Purnomo
    081399300499

  53. 54 A_Me'

    Ikutan nich ya…
    Menurut saya sah-sah aja para pembaca ikut berkommentar dari kejadian ini…
    Yang jelas, setiap kejadian akan ada hikmah yang bisa di ambil dan seiap orang berbeda dalam menyikapi setiap kejadian. Apapun kejadian itu.
    Hal terbaik dalam mengambil sikap dalam sebuah kejadian adalah menjadikanya sebagai hikmah positif aja,
    coba Anda pikir, bagi Anda yang merasa menyalahkan Produsen Produk X-Plo keuntungan bagi Anda apa? paling hanya kepuasan hati saja, karena sifat dasar manusia adalah senang melihat kegagalan atau musibah yang menimpa orang lain.
    tanyakan pada nurani Anda apakh yang Anda lakukan benar2 baik atau buruk,
    Dan bagi Anda yang mendukung K-Link, Anda tidak usah memaki2 para komentator negative itu, mereka hanya belum tau yang sebenarnya…
    Dan Anda juga harus lebih hati2 dalam melakukan Demonstrasi Produk2 Anda, karena bisnis Anda adalah bisnis jangka panjang dan bisnis kepercayaan.
    Menurut saya kita Tunggu saja, Alam akam menghukuminya….
    Yang Benar akan JAYA !

  54. 55 dex

    ckk..ckk..ckk..

    Dear Steax (it’s your nickname, right…),

    Anda ini mengulas sesuatu dengan rasa emosi yg tidak wajar.
    Saya, sebagai orang yg netral di antara kedua belah pihak yg saling pro dan kontra,
    justru melihat ulasan Anda itu yg meragukan. banyak belajar ya…hati2 dalam menuangkan pendapat….ambillah data2 dengan baik disertai dengan fakta2 yang pro dan kontra terhadap suatu masalah…Anda itu masih berat sebelah Dik…
    Walaupun sy salut dengan keberanian Anda, tp itu belum cukup….

    Apakah Anda sdh pernah buat Skripsi/Thesis/Karya ilmiah? kalo belum, pelajarilah kaidah2 nya dengan baik. Kekhawatiran sy adalah kurangnya nalar yg baik dari anak2 bangsa sehingga negara yang kita cintai ini sulit bangkit….

    Untuk rekan2 yang lain…klo Anda punya masukan, sampaikan sesuai dengan kapasitas keilmuan atau pengetahuan yang Anda miliki. Tidak perlu diulas secar berlebihan seperti yg dilakukan oleh Saudara Steax ini. Untuk Steax….perbaiki lagi tulisan Anda krn tulisan Anda blm layak dipublikasikan di depan umum.

    best regards,
    de543

  55. Wah. Sayang sekali, melarang orang sekedar menganalisa sesuatu justra membuat seakan-akan topik itu memang memiliki flaw yang dikhawatirkan akan ketahuan.😀

    Sekarang saya minta anda memberi penjelasan atas pendapat anda. “Data2 dengan baik”? Data mana yang “kurang baik”? Sekali lagi, semua di atas adalah teori sah yang diterima secara umum, dan fakta yang ada di lapangan (sumber fakta adalah kata-kata produsen sendiri, pendapat orang yang dipost di tempat lain, dan hukum sains yang diakui).

    Apakah Anda sdh pernah buat Skripsi/Thesis/Karya ilmiah? kalo belum, pelajarilah kaidah2 nya dengan baik. Kekhawatiran sy adalah kurangnya nalar yg baik dari anak2 bangsa sehingga negara yang kita cintai ini sulit bangkit….

    Untung sekali, sudah. SMA Labschool Jakarta termasuk sekolah yang mengajarkan pembuatan Karya Tulis ilmiah, dan saya cukup memahami inti dan pokok dari metode ilmiah. Dan untuk catatan, saat ini saya di FMIPA ITB.

    Maaf tapi saya tidak bisa menerima argumen anda. Anda menyatakan argumen saya sebagai tidak sah namun tidak memberi penyebab atau alasan yang spesifik – hanya “emosi berlebih”. Saya telah menelusuri internet untuk informasi yang bisa saya dapatkan, dan saya tidak berhasil menemukan yang lain. Tunjukkan bahwa saya salah.

    Saya tidak ingin emosi, tapi: Jangan pernah menyalahkan sesuatu hanya karena itu “salah”. Saya tidak mengulas berlebihan – jika saya mengulas sebagian saja, maka saya akan dikritik karena tidak membahas yang lengkap. Perbaiki? Katakan apa yang perlu saya perbaiki. Jangan menyalahkan saja.

    Jujur. Saya lelah dengan orang yang asal menyalahkan tanpa alasan, atau bahkan alasan mengapa saya salah. Perbaiki lagi pendapat anda karena tuduhan tanpa alasan tidak layak dipublikasikan di depan umum. Anda tidak menyebutkan fakta atau pendukung apapun atas apa yang anda katakan.

    Saya harap anda bukan seperti yang lain – menyalahkan lalu pergi seperti penakut.🙂

  56. 57 de543

    ckk..ckk..ckk…

    Dek…saya jg pernah kuliah di ITB loh, di FTSP ITB. Sekarang saya juga lagi di luar Indonesia (ga penting lah nyebutin nama negara nya)…yah,itu tidak penting, tapi jadi penting krn Anda mengatakan pendidikan Anda sekarang adalah sebuah catatan. Masih panjang perjalanan kamu untuk jadi orang yang bijak…tapi saya yakin dan mudah2n kamu bisa.

    di ITB kamu masih kuliah ya…kamu pasti belum pernah buat Thesis kan ya atau belum Skripsi. perlu kamu ketahui bahwa tingkatan tulisan itu berbeda…apalagi buat proposal doktor (maklum lagi proses..hehehe..). tapi itu juga tidak penting, tapi jadi penting lagi deh krn seolah2 menekankan kamu tidak salah dalam tulisanmu…kamu tau ga, bahkan skripsi/thesis atau bahkan penemuan para ahli pun bisa dipatahkan…bagaimana caranya,anak ITB seperti kamu taulah…

    contoh sederhana adalah teori darwin. banyak yang menentang ,tp banyak pula yang tidak menentang….bla..bla…bla. pasti kamu tau lah ya…

    coba kamu tekan lagi egomu…emang si anak ITB tu egonya selangit. tapi….wah, mudah2n kamu ketemu sama mahasiswa laen di luar Indo. mereka sk berkata “I think….” utk hal2 yang mengulas topik yang belum final. for example, ada kasus pembunuhan di sebuah vila. hasil penelitian dari para penyelidik belum final dan masih dibahas dengan data2 yang ada. nah,..pertanyaan sy, apakah hasil kebakaran labscholl itu sudah teridentifikasi dengan baik oleh para penyelidik? maaf saya tidak mengikuti berita di tanah air ini dengan baik. hanya sepotong2 dari berita2 yang beredar di internet.

    OK, satu aja deh tulisan dari kamu yang menurut saya perlu dikaji lagi dengan baik ya…

    “data yang anda peroleh:

    PETUNJUK PEMAKAIAN :
    Anda hanya memerlukan waktu sekitar 5 s/d 10 menit untuk memasang XPLO PROTECT pada mobil anda.
    – Buka penutup lubang tangki BBM mobil.
    – Masukkan selang untuk mengukur kedalaman tangki.
    – Gulungkan XPLO PROTECT pada selang.
    – Masukkan gulungan XPLO PROTECT ke dalam saluran tangki BBM.
    – Putarkan selang dengan arah yang berlawanan dengan arah gulungan guna untuk melepaskan gulungan XPLO PROTECT.
    – Anda bisa menguji efektifitas dari XPLO PROTECT dengan cara menyalakan api di ujung saluran tangki BBM yang telah dilapisi XPLO PROTECT.”

    “pendapat yang anda kemukakan:

    Wahahahaha!! Pengguna dibolehkan bermain api dengan kendaraan mereka. Luar biasa. Sepertinya memang bencana hanya menunggu waktu.”

    pendapat kamu itu masih mentah Dek…dan bisa menyulut kemarahan orang lain yang sdh membuktikannya…
    begini…
    -apa kamu pernah melakukannya?
    -apakah kamu pernah liat orang mempraktekkannya?
    -apakah kamu mendapatkan studi literatur yang valid bahwa hal itu akan menyebabkan bencana? (kalo itu yang terjadi di labschool, bagaimana teori kamu tentang hal itu yang sesuai dengan data di lapangan?),
    -apa kamu bisa membuktikan dari instansi yang terkait bahwa XPLO POTECT itu illegal atau tidak dibenarkan peredarannya sehingga menyebabkan bencana?
    -apakah sama saluran tangki BBM dengan tangki kendaraan yang Anda maksud? karena di kalimat tidak ditulis tangki kendaraan. bisa saja eksperimen dilakukan dengan membuat suatu saluran tangki yang berisi BBM seperti yang dilakukan di laboratorium. bagaimana menurut Anda?
    -mengapa kamu tertawa (dalam kalimat)? apa yang membuat kamu tertawa sehingga kalimat tersebut sangat menyimpang?

    wah…kalo kamu tiba2 maju sidang, trus ditanya ama dosen pengujimu, gimana tuh…udah siap jawab belum?
    dari sini aku tau bahwa kamu memiliki pengetahuan yg sepotong2 dari literatur yang mungkin kamu peroleh.

    yang laennya….carilah sendiri! sehingga kamu tidak membuat alumni ITB malu!, walaupun bangga dengan keberanianmu! oya, kamu itu tingkat berapa sih? kalo tidak salah mantan KM dari FMIPA jurusan fisika, namanya Zulkaida Akbar (tau ga??? katanya anak ITB). Banyak2 lah belajar bicara ke beliau karena aku sudah pernah diskusi dengannya dan itulah yang aku banggakan dari generasi penerus…

    Kamu lelah dengan orang yang asal menyalahkan? wajar aja banyak orang yg menyalahkan kamu krn kamu sendiri yang membuat teori yang menurut saya salah kaprah yang menyulut kemarahan orang lain..makanya, jaga tata krama dalam membuat tulisan, sehingga ada yang tidak begitu kesal…dan jangan bangga dengan yang pro ke kamu karena itu bisa membutakan mata hatimu…
    kamu lelah? ga pantas sekali seorang mahasiswa mengatakan hal ini. kata teman2ku zaman aku kuliah dulu kalo liat mahasiswa loyo kayak gini dengan sebutan “mahasiswa cemen!!”

    menurutku, dengan pernyataan kamu ini menandakan kamu orang yang sangat ego…coba kamu perhatikan kalimat yang ada di newspapers…apa kalimatnya berat sebelah atau netral? jangan2 ini imbas dari para pemimpin bangsa Indo yang duduk di parlemen yang suka berantem ga karuan..saling serang antar partai…malu aku liat para parlemen di sini yang dengan sangat profesional dan dengan skill yang tepat mereka mengutarakan gagasannya…mereka itu presentasi dengan menyajikan data statistik, data2 fakta di lapangan, foto2 di lapangan yang dianggap penting, dll. di Indo..malah uang di raup…rusak!! itu akibat dari EGO!!

    kamu bilang:
    “menyalahkan lalu pergi seperti penakut”

    kamu kira aku bakal lari? seperti pertanyaan egonya anak2 ITB yg lain…kamu himpunan or NONHIM? klo kamu NONHIM….kalimat itu kembali ke dirimu.
    catatan: seandainya kau tau proses himpunan zamanku gimana sampai aku bangga dapat jaket himpunan….kata “penakut” itu kemungkinan bakal kau sanding coy…

    Ok…aku cabut dulu…depend on you…

    catatan:
    1.kata ganti subjek dalam kalimatku jd ganti2 krn itu sebuah penekanan kata.
    2.kalimat ini belum aku edit, jadi susunan kalimatnya tidak rapi..
    4.tulisan ini bukan untuk menyudutkanmu,..tp, jadilah orang yang bijak…
    3.oya, sekali lagi, sudahlah….jangan bawa2 penekanan kata “ITB” seolah2 ingin dianggap “better than” or “the best”. yang aku tau pola belajar dan skill mahasiswa2 di sini jauh lebih baik.

    sukses ajah buat kamu!
    SALAM GANESHA!!

  57. contoh sederhana adalah teori darwin. banyak yang menentang ,tp banyak pula yang tidak menentang….bla..bla…bla. pasti kamu tau lah ya…

    Saya rasa ini tidak cocok untuk disamakan dengan teori darwin. Kita tidak bisa menyaksikan langsung fenomena evolusi darwin, tapi dalam kasus ini kita dapat melihat langsung dan mengambil fakta nyata dari kejadian tersebut.

    coba kamu tekan lagi egomu…emang si anak ITB tu egonya selangit. tapi….wah, mudah2n kamu ketemu sama mahasiswa laen di luar Indo. mereka sk berkata “I think….” utk hal2 yang mengulas topik yang belum final. for example, ada kasus pembunuhan di sebuah vila. hasil penelitian dari para penyelidik belum final dan masih dibahas dengan data2 yang ada. nah,..pertanyaan sy, apakah hasil kebakaran labscholl itu sudah teridentifikasi dengan baik oleh para penyelidik? maaf saya tidak mengikuti berita di tanah air ini dengan baik. hanya sepotong2 dari berita2 yang beredar di internet.

    Saya tidak ingin ini terkait dengan saya sebagai mahasiswa ITB. (saya mengatakan itu di post terakhir maksudnya memberitahu bahwa saya bukan siswa Labschool lagi.) Ya, saya merasa bahwa membahas sesuatu yang belum final itu jauh lebih penting daripada sesuatu yang sudah disimpulkan. Saya kan sudah menyatakan di disclaimer pada halaman ini: … artikel ini merupakan sekedar pemikiran kritis …; saya sudah mengatakan bahwa seluruh artikel ini adalah pemikiran/pendapat saya sendiri. Ini bukan perkara penyelidik, melainkan bahwa ini sudah merupakan fakta.

    Penyebab kebakaran sudah jelas dan ada saksi mata. [ sumber ] Ada ratusan murid, guru, dan penduduk setempat yang menyaksikan apa yang terjadi pada setiap saat. Distributor yang berkaitan juga telah berpendapat dalam hal ini.

    pendapat kamu itu masih mentah Dek…dan bisa menyulut kemarahan orang lain yang sdh membuktikannya…
    begini…

    Membuktikan apa ya? Seingat saya, “membuktikan” itu tidak bisa absolut, namun hanya membuatnya seperti lebih pasti. Membuktikan 1000 kali tidak berarti yang berikutnya akan berhasil lagi, kan?

    -apa kamu pernah melakukannya?

    Melakukan apa? Saya pribadi tidak akan membuat uang sebesar itu untuk mobil saya. (Karena saya nggak punya mobil😀 )

    -apakah kamu pernah liat orang mempraktekkannya?

    Saya sudah cantumkan videonya.

    -apakah kamu mendapatkan studi literatur yang valid bahwa hal itu akan menyebabkan bencana? (kalo itu yang terjadi di labschool, bagaimana teori kamu tentang hal itu yang sesuai dengan data di lapangan?),

    Ya. Bahkan anggota K-Link sendiri sudah menceritakan kejadian dari pihak mereka. Saya rasa pengakuan merupakan salah satu jenis bukti tertinggi. Saksi mata, pengakuan, dan penyelidikan. Kurang apa?

    -apa kamu bisa membuktikan dari instansi yang terkait bahwa XPLO POTECT itu illegal atau tidak dibenarkan peredarannya sehingga menyebabkan bencana?

    Saya tidak mengklaim seperti itu. Saya hanya mengatakan bahwa produk ini meragukan. Tentunya untuk menyatakan bahwa sesuatu itu illegal akan memerlukan validasi oleh instansi pemerintah terkait.

    -apakah sama saluran tangki BBM dengan tangki kendaraan yang Anda maksud? karena di kalimat tidak ditulis tangki kendaraan. bisa saja eksperimen dilakukan dengan membuat suatu saluran tangki yang berisi BBM seperti yang dilakukan di laboratorium. bagaimana menurut Anda?

    Lihat video. Atau, mengutip dari kompas lagi: Menurut mobile stokist dari K-Link Indonesia Deden Sudrajat, produk tersebut sebenarnya berguna untuk mencegah terjadinya ledakan tanki bahan bakar. Sepeda motor tempat asal api rencananya akan digunakan untuk demostrasi produk ini . Caranya, Explo Protect dimasukkan dalam tanki bahan bakar kemudian disulut api. Hasilnya, tanki tidak meledak.

    Jelas kan?

    -mengapa kamu tertawa (dalam kalimat)? apa yang membuat kamu tertawa sehingga kalimat tersebut sangat menyimpang?

    Karena begitu konyolnya klaim itu. Jujur saja, saya tidak bisa menemukan kalimat untuk menunjukkan rasa kaget atas pernyataan bahwa kita boleh mencoba produk ini, sendiri, bermain dengan api dan bensin, tanpa pengawasan… So much for public safety.

    wah…kalo kamu tiba2 maju sidang, trus ditanya ama dosen pengujimu, gimana tuh…udah siap jawab belum?
    dari sini aku tau bahwa kamu memiliki pengetahuan yg sepotong2 dari literatur yang mungkin kamu peroleh.

    Kembali saya bingung kenapa anda menyamakann dengan sidang. Tapi saya siap jawab kok. Ini aja menjawab. Memang saya belum melakukan riset praktis yang lengkap pada produk, karena artikel ini adalah kajian. Untuk riset keseluruhan akan membutuhkan waktu, kerja dan uang yang tidak sedikit.

    yang laennya….carilah sendiri! sehingga kamu tidak membuat alumni ITB malu!, walaupun bangga dengan keberanianmu! oya, kamu itu tingkat berapa sih? kalo tidak salah mantan KM dari FMIPA jurusan fisika, namanya Zulkaida Akbar (tau ga??? katanya anak ITB). Banyak2 lah belajar bicara ke beliau karena aku sudah pernah diskusi dengannya dan itulah yang aku banggakan dari generasi penerus…

    Lagi-lagi harus dikaitkan dengan institut belajar. Bingung saya. -.- Saya tidak menemukan hal lain di artikel saya – jika sudah saya temukan, pasti sudah saya perbaiki! Agak konyol juga, mengkritik orang tapi menyuruh mencari sendiri penyebabnya. FMIPA adalah faktultas TPB. Tahun pertama. Oh, tapi tenang – sebagian besar yang ada di sini bukan saya pelajari di sekolah maupun universitas.

    Kamu lelah dengan orang yang asal menyalahkan? wajar aja banyak orang yg menyalahkan kamu krn kamu sendiri yang membuat teori yang menurut saya salah kaprah yang menyulut kemarahan orang lain..makanya, jaga tata krama dalam membuat tulisan, sehingga ada yang tidak begitu kesal…dan jangan bangga dengan yang pro ke kamu karena itu bisa membutakan mata hatimu…
    kamu lelah? ga pantas sekali seorang mahasiswa mengatakan hal ini. kata teman2ku zaman aku kuliah dulu kalo liat mahasiswa loyo kayak gini dengan sebutan “mahasiswa cemen!!”

    Anda juga mengklaim bahwa saya salah kaprah, tapi tidak menunjukkan di mana kesalahannya. Ini namanya blog; tempat saya meluapkan isi hati dan berusaha menuliskan apa isi pikiran saya. Tulisan ini adalah milik saya dan merupakan pemikiran saya; dan saya adalah orang yang kritis. Jika tidak suka, orang tidak perlu membaca. Nggak seperti saya menyebarkan artikel ini ke koran dan semacamnya, kan?

    Oh tentu saya lelah. Begitu banyak orang yang mengeluh ke saya (lewat email, IM, dsb) mengenai artikel ini tanpa memberikan pandangan yang kritis pula. Saya dengan senang hati akan berdiskusi dengan mereka yang mau berpikir juga – ya, seperti anda.

    Saya pribadi bukan orang yang mudah terprovokasi atau semacamnya. Panggilan cemen bukan masalah buat saya, asal saya tetap bisa melakukan apa yang, menurut saya, perlu saya lakukan.

    menurutku, dengan pernyataan kamu ini menandakan kamu orang yang sangat ego…coba kamu perhatikan kalimat yang ada di newspapers…apa kalimatnya berat sebelah atau netral? jangan2 ini imbas dari para pemimpin bangsa Indo yang duduk di parlemen yang suka berantem ga karuan..saling serang antar partai…malu aku liat para parlemen di sini yang dengan sangat profesional dan dengan skill yang tepat mereka mengutarakan gagasannya…mereka itu presentasi dengan menyajikan data statistik, data2 fakta di lapangan, foto2 di lapangan yang dianggap penting, dll. di Indo..malah uang di raup…rusak!! itu akibat dari EGO!!

    Sekali lagi, ini bukan koran yang memang untuk disebarluaskan secara umum. Ini blog, dan saya telah mencantumkan disklaimer di atasnya. Ini tidak ditulis sebagai kajian ilmiah atau publik. Ini adalah isi pemikiran saya. Data fakta lapangan ada. Foto lapangan ada. Bahkan saat ini distributor itu sendiri sudah mengutarakan ceritanya. Need I say More?

    Saya tidak mengatakan bahwa hasil ini adalah absolut. Saya bisa saja salah. Tapi itu pun perlu bukti kuat.

    kamu bilang:
    “menyalahkan lalu pergi seperti penakut”

    kamu kira aku bakal lari? seperti pertanyaan egonya anak2 ITB yg lain…kamu himpunan or NONHIM? klo kamu NONHIM….kalimat itu kembali ke dirimu.
    catatan: seandainya kau tau proses himpunan zamanku gimana sampai aku bangga dapat jaket himpunan….kata “penakut” itu kemungkinan bakal kau sanding coy…

    Ok…aku cabut dulu…depend on you…

    FMIPA, sebagai fakultas TPB, belum memiliki prodi (atau itu sudah saya sebutkan sebelumnya). Himpunan pun akan diurus di semester 3. Saya tidak mengatakan bahwa anda seperti itu; sebaliknya saya mengharapkan anda kembali untuk berdiskusi. Beginilah orang berego juga…

    Huh. Berapa banyak fakta anda yang salah dalam komentar terakhir? Siapa yang berego tinggi? Anda sendiri sudah melakukan kajian untuk menyanggah saya atau belum? Jujur, jawaban dari pertanyaan anda di sini dapat dijawab dengan mudah dari sumber yang sudah tercantum di post saya. Segi video atau link berisi bukti. Saya pun sebenarnya tidak perlu menjawab, karena anda sendiri tidak tahu jawabannya.

    catatan:
    1.kata ganti subjek dalam kalimatku jd ganti2 krn itu sebuah penekanan kata.
    2.kalimat ini belum aku edit, jadi susunan kalimatnya tidak rapi..
    4.tulisan ini bukan untuk menyudutkanmu,..tp, jadilah orang yang bijak…
    3.oya, sekali lagi, sudahlah….jangan bawa2 penekanan kata “ITB” seolah2 ingin dianggap “better than” or “the best”. yang aku tau pola belajar dan skill mahasiswa2 di sini jauh lebih baik.

    sukses ajah buat kamu!
    SALAM GANESHA!!

    Bahkan saya tidak menyebutkan ITB sama sekali dalam post saya. Hanya menyebutnya sekilas untuk mengatakan bahwa saya sudah tidak di SMA Labschool Jakarta lagi…

    *salam ganesha dpn laptop*

  58. 59 C'MON

    Hi ! steax banyak yang nggak bales bantahanmu terhadap suatu komentar padahal dalam komentarnya mereka berbicara seakan dirinyalah orang bijak yang memerintah orang lain
    supaya bijak dan orang yang sangat berilmu yang lalu memerintah orang lain supaya memperbaiki tulisan yang seakan – akan itu hanyalah sebuah tumpahan emosi dan ego belaka . Jika saja para orang “bijak” dan “berilmu” itu merasakan sesuatu yang sama.Dan apa hak orang berilmu itu berbicara seperti ini ,”tulisan Anda blm layak dipublikasikan di depan umum”, karena blog adalah suatu ruang bebas tempat manusia menuliskan isi hatinya secara bebas dan bertanggung jawab .

  59. Saya pribadi sih sejujurnya merasa kalau blog itu berguna sebagai tempat saya mencurahkan saja apa isi pikiran saya dengan lengkap dan terbuka. Isi pikiran yang belum tepat untuk dijadikan suatu karya (ilmiah ataupun yang lainnya) tapi tetap perlu dijelaskan dan didiskusikan. Saya belajar banyak dari komentar orang-orang yang membaca blog saya. Ada yang baik, ada yang buruk, tapi semuanya tetap belajar.

    Tentunya ini dilakukan dengan tanggung jawab saya. Sebenarnya pun, tanggung jawab saya paling besar di sini sebagai pemilik blog. Komentator kebanyakan identifikasinya hanya nama (banyak yang tidak menyebut website). Karena itu saya sering keberatan untuk komentar yang mengatakan bahwa saya menulis tanpa tanggung jawab…

    Lagipula, siapa yang boleh menentukan apakah sesuatu boleh dipublikasikan di depan umum?😀

  60. Lagipula, siapa yang boleh menentukan apakah sesuatu boleh dipublikasikan di depan umum?😀

    Actually, the government. They have the rights, and citizens should not object to that.

    *bercanda😛 *

    Oh, well, so much fallacies.:mrgreen:

  61. Depends on which kind of government, sir. I know your ideal *cough* version would love it like that.😀

  62. Gue lebih tertarik baca komentar-komentar ketimbang isi entrinya.😆

    Terus apa lagi ya… well saya anak fsrd sih jadi kalau teori saya mengatakan pada hari itu Salamander lagi marah makanya kebakaran.

    *diamuk massa*

  63. by the way…

    ini orang si alumni ITb yang ngakunya ada di luar negeri itu… balik dong, saya pengen nikmati lanjutannya nih.😆

    jangan-jangan Anda ini alumni dari gedung Annex, bukan sabuga.

  64. 65 alumni lewat

    salut saya, ada juga mahasiswa TPB sudah bisa bikin tulisan yang kritis, netral, dan valid dengan bukti-bukti yang kuat. kalau dipandang sebagai tulisan ilmiah memang entri ini jelas kurang valid mengingat tulisan ilmiah memerlukan sistematika penulisan, landasan teori, bukti pustaka maupun empiris yang benar-benar jelas. (namanya jg blog). namun sebagai sekedar pemikiran pribadi, ini sudah baik!!!! kembangkan terus pemikiranmu!!!

    ternyata jebolan labschool memang beragam yah. ada yang bisa menulis dengan netral dan cerdas serta ada pula pengecut yang cuma berani teriak di blog dan akhirnya mengunci blognya setelah overflood dengan komen (baik yang positif maupun negatif)

    sukses lah

    Salam Ganesha!!!

  65. [hewan] si anak sok pinter yang merasa lebih hebat dari orang laen ….sini gw ajarin tata krama lo ..lu bela2in si annas segala …..[hinaan] lu …..[aktivitas reproduksi] DASAR [alat kelamin] LU

  66. @alumni lewat: Akhirnya ada komentator yang mengerti apa bedanya tulisan ilmiah sm curahan pikiran!😀 Makasih komentarnya. Sepertinya untuk begini-begini yang berikut akan saya cantumkan lebih banyak link ke resource terkait, biar sedikit lebih valid.

    @preman SR ITB: Ini dia yang bikin ITB dipandang rendah. Saya sensor ya kata-katanya.

  67. 68 kepala sekolah

    maafkan anak didik kami wahai senior senirupa itb..

    entah mengapa mental anak2 jebolan labschool 2008 hampir seperti itu.. [hewan]

    dasar [aktivitas reproduksi] !!

  68. 69 guru

    maafkan anak didik kami wahai senior senirupa itb..

    entah mengapa mental anak2 jebolan labschool 2008 hampir seperti itu.. [hewan]

    dasar [aktivitas reproduksi] !!

  69. @steax:
    Btw, saya jadi ragu siapa sebenarnya yang sok pinter.😆

  70. Lol. Memang kadang-kadang agak membingungkan. Apa pula maunya itu…

  71. mereka tidak sok pinter cuma pinter sok

  72. 73 ferdi

    kaling… dosa lu sekolah gue lantai tiga abis, gara gara elu sekarang sekola gua pake sistem moving class, yang bikin cape naujubillah, ganti rugi lu kaleng!!

  73. wah, dari sini gw jadi bisa belajar ^^

  74. bener…. lebih seru comment nya… heheheh

    @ steax: salut untuk anda

  75. 76 eddo

    mohon cari tahu dulu sebenarnya xplo protect itu apa? saya rasa sebelum barang diedarkan pasti udah lulus uji, lagian yang saya tahu ada tuh sertifikasi uji produk. ini bener saya memang dah pasang explo di honda jazz kami, mulut tangki kami bakar gak meledak tu!!! memang fungsinya hanya untuk menahan ledakan bukan menahan kebakaran. Tahukah ternyata kebakaran itu terjadi karena penggunaan yang tidak sesuai petunjuk. Explo dipotong potong dimasukkan kedalam tangki motor padahal seharusnya tidak boleh dipotong memang itu sudah ukuran untuk tangki mobil.kebenaran pasti akan terungkap terbukti K-link tambah besar, walaupun banyak komentator yang sebenarnya bicara tidak dengan hati nurani tapi lebih dengan emosi. Sadarlah ucapan adalah doa. Bayangkan jika anda yang mengalami!!

  76. 77 guest

    Gue udah pake produk k-link yang laen tapi nggak apa2 tuh…kecuali produk yang satu ini, belum coba.

  77. 78 agunk agriza

    analisa yang kerenn… sip2😉

  78. Apparently I must answer these.

    mohon cari tahu dulu sebenarnya xplo protect itu apa? saya rasa sebelum barang diedarkan pasti udah lulus uji, lagian yang saya tahu ada tuh sertifikasi uji produk. ini bener saya memang dah pasang explo di honda jazz kami, mulut tangki kami bakar gak meledak tu!!! memang fungsinya hanya untuk menahan ledakan bukan menahan kebakaran. Tahukah ternyata kebakaran itu terjadi karena penggunaan yang tidak sesuai petunjuk. Explo dipotong potong dimasukkan kedalam tangki motor padahal seharusnya tidak boleh dipotong memang itu sudah ukuran untuk tangki mobil.kebenaran pasti akan terungkap terbukti K-link tambah besar, walaupun banyak komentator yang sebenarnya bicara tidak dengan hati nurani tapi lebih dengan emosi. Sadarlah ucapan adalah doa. Bayangkan jika anda yang mengalami!!

    1. K-Link tambah besar tidak ada hubungannya.
    2. Jika saya yang mengalami, saya akan langsung berhenti percaya pada produk dan/atau protokol produk tersebut.
    3. Bensin tidak meledak. Bacalah lebih jelas.

    analisa yang kerenn… sip2

    Makasih!😀

  79. 80 sari

    Saya pengguna produk k-link meski belom jadi member.. but so far everything is ok.. malahan tubuh saya terasa lebih nyaman dari hari2 kemaren.. saya tidak mengada2, ini fakta..

  80. K-Link?
    kayaknya pernah denger…
    di mana ya?
    bukan, bukan merek kan**t saya. (whoops!)
    trus di mana dong?
    O IYA! itu ada di kamar mandi saya. mama saya beli sebuah sabun berbentuk daun mereknya k-link. apakah produk itu tingkat meragukannya juga sangat ya?

    @steax: anda keren saya harus akui

    @eddo: bakar mulut tamgki mobil? kurang kerjaan?

  81. salam dingin..
    kepala boleh panas, tapi ati tetep adem bro… tul kan?

    to
    Rizqi Djamaluddin

    saya netral aza…
    bensin di tangki di sulut kata anda tidak meledak…
    ditutup karena oksigen ga ada.. bla bla bla tak mungkin meledak…

    pernah liat mainan mercon bumbung? bambu yang di buat meriam berbahan bakar minyak tanah..
    mainnya di lapangan.. di laptop si unyil ma di sibolang?
    bukan bensin bro.. tapi ledakannya bisa ngelempar sumbatnya ampe puluhan meter..

    saya rasa anda harus main..
    rasakan ledakannya, dan kesenangannya..

    tapi menurut teori anda yang menggampangkan mobil tidak bisa meledak..
    1 banding semilyar kek…
    baiknya khusus Anda, bahan bakar mercon bambunya pake bensin..

    saya cuman pengin liat saat bensin yang makin panas, membuat bambu pecah, menghamburkan kesegala arah bensin yang berkobar….
    saya kepengin liat bagaimana usaha anda memadamkan api yang membakar anda,
    karena anda main mercon bambu kan berjarak cuma 60cm…
    brani..?? hehehe

    Anda hanya anak anak yang mengaku punya logika tentang bahan bakar..
    tapi anda bukan pembuat explo tsb

    kalau anda mau praktek aja silahkan tanki motor di isi bensin dan di las…pasti tidak meledak.
    atau Anda yang merasa ahli bahan bakar mau mencoba?
    siapkan ambulance, karena jaminan tubuh anda bisa kayak kena granat, tembus sana sini..
    Atau cukup bayar saya 1juta saya belah tanki motor anda jadi 2. syarat.. kasih explo dulu… hehe
    atau silahkan las tanki motor anda sendiri, tanpa explo, saya kasih 5 juta…
    kalo brani?… tolong dengan hormat siapkan peti mati…

    kalo tantangan kecil kayak gini anda kagak brani, jgn banyak B*COT kan…
    jangan malu2 in sekolah anda.
    kejadian labschool pasti karena orangnya yang ngawur…
    bukan produknya…

  82. 83 alanix

    si steax gak komentarin produk lainkan? dia hanya ngbahas X-plo…, tapi kenapa ada yng nyental nyentil di luar pembahasannya? PASTI ITU MEMBERNYA “ho ho Kamu ketahuan” ha ha ha ha ha. Maju terus Steax emang dunia harus ada warna, Gak seru kalau gak da kamu steax

  83. 84 Ary

    Kebetulan gw juga pake alat ini. Alat ini memang anti ledak teknologi Jerman (bukan amerika), soal ilmiahnya tanya aja langsung ama penemunya kalo perlu datengin tuh k-link, deket kok di tebet. Memang dia bisa meredam reaksi berantai. Gw bukan tipe pemberani untuk berteori sendiri tanpa tau banyak dulu, karena gw bukan expert, dari pada gw malu sendiri ntarnya, jadi gak bisa info banyak tentang teorinya. So langsung aja tanya ke k-link-nya.

    Mengenai fungsi menurut gw masih logis. Kenapa kita perlu alat ini. Contohnya kalo terjadi accident mobil yang teguling, mungkin orangnya udah patah2 dan bedarah2. Bagaimanapun dia masih punya harapan hidup kalo cepat diselamatkan. Tapi kalo terjadi ledakan, yah lain cerita…harapannya ilang deh. Walaupun peluang terjadinya 1 banding seribu atau 1 banding sejuta kék tetap aja si 1 ini bisa terjadi dan terjadinya pada siapa kita gak akan tau. Makanya perlu proteksi yang mana alat ini umurnya long life dengan harga segitu. Produk asuransi aja laku kok walaupun gak ada orang yang mau celaka, kehilangan dll, tapi tetap perlu.

    Gw udah sering banget liat demonya, tangki besi berisi minyak dilas gak meledak. Motor, mobil mulut tangkinya disulut, apinya nyala tapi gak meledak. Berkali-kali semuanya aman gak terjadi apa2.

    Duh,dgn Harga Produk 1jt’an (blm di kali beli berulang2 nya) & blm tentu kita naek mobil bakal meledak terus & menghindari org is dead krn terbakar…
    Mending tuh duit 1jt’an nya lo pake buat Polish Asuransi (Prudential).
    klo lo naek mobil & is dead krn meledak kan pasti dapet kliam yg lebih gede.
    Inti nya kan tuh Prudok mencegah lo is dead kan?
    Ya kalo sama2 Mencegah mah semua orang juga tau Asuransi lebih Aman atuh.
    lagian Asuransi tuh ada Pengembalian uang yg kita simpan. lo beli Produk seharga 1jt’an kan ga bakal di balikin.

    Gitu aja kok repot !!!

  84. 85 Rexy

    Ini nih satu lg contoh ngga mutunya produk ka link

    Diduga Setelah Mengkonsumsi Obat Suplemen, Seluruh Tubuh Ngatini Melepuh
    Posted in Medan Kita by Redaksi on April 6th, 2009

    Medan (SIB)
    M Nur Sitepu penduduk Jalan Perintis Kemerdekaan Gang Sunda nomor 17 Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat mengatakan, hanya bisa pasrah menerima kondisi istrinya Ngatimi (38) yang dirawat di RSU H Adam Malik Medan setelah mengkonsumsi obat suplemen.
    Sejak korban menderita penyakit batuk, badannya terasa sakit dan susah tidur. Oleh seorang kenalan, kemudian disarankan membeli sebuah produk suplemen obat yang didistribusikan salah satu perusahaan MLM.
    Mereka kemudian memutuskan untuk membeli lima produk suplemen yang ditawarkan yakni, Larutan Organik Spirulina, minuman Gamat Plus, obat cair Cholorofil, 1 kotak kablet obat Kino dan Gamat Vita Gel yang dikatakan untuk muka.
    Namun, baru dua hari dikonsumsinya, bukan kesembuhan yang didapat. Malah penyakit Ngatini semakin parah. Obat batuk yang dibeli, bukannya menyembuhkan, malah membuat batuk korban menjadi semakin meradang.
    Puncaknya ketika obat oles Gamat Vita Gel dioles ke wajah Ngatini. Keesokannya, wajahnya memerah dan menggelembung padat. Dia juga histeris karena kulitnya terasa panas dan mulutnya terus terkatup tidak bisa bicara. Pihak distributor suplemen yang dihubungi malah mengatakan, untuk tidak menghentikan dan mengatakan itu hanya reaksi obat.
    Tapi keesokan harinya, wajah Ngatini malah mengelupas. Awalnya hanya pada wajah, namun dalam beberapa hari menyebar ke seluruh tubuhnya.
    Selanjutnya M Nur membawa istrinya ke RSU-HAM yang kemudian dokter mendiagnosa kalau istrinya alergi pada obat yang dimakan.
    Keterangan dari Humas RSU-HAM drg Atma Jaya kepada wartawan, berdasarkan diagnosa awal tim dokter yang menangani, pasien menderita gagal ginjal akut. Diagnosa lanjutan kemudian diketahui pasien menderita penyakit kulit berbahaya yang diakibatkan salah makan obat atau dalam istilah kedokteran, toxic epidermal necrolisisis.
    “Kita ketahui ini karena alergi dengan obat-obatan yang dikonsumsi atau dioleskan pasien kita ke wajahnya,” tukas Atmajaya.
    M Nur kepada wartawan mengatakan, dirinya telah meminta pertanggungjawaban dari pihak distributor obat untuk menanggung semua biaya perobatan istrinya.
    “Mereka menyatakan menyanggupi. Tapi itu baru lisan saja. Aku maunya tertulis. Bila nanti mereka berbohong akan kubawa ke jalur hukum,” simpulnya. (M16/d)

  85. 86 rian

    SUmber: http://www.medanbisnisonline.com/2009/04/07/tidak-relevan-suplemen-penyebab-tewasnya-ngatimi/

    Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=78423&Itemid=27

    Tidak Relevan Suplemen Penyebab Tewasnya Ngatimi
    Hukum & Kriminal 07-04-2009

    *zainul abdi nst/cw 01
    Kematian Ngatimi alias Maulidah (38) disebut-sebut akibat mengonsumsi suplemen larutan organik Spirulina, minuman Gamat Plis, cairan Cholorofil, satu kotak tablet Kino dan Gamat Vita Gel, dibantah keras oleh managemen PT K-Link Nusantara.
    Melalui Corporate Managemen PT K-Link Nusantara, Bayu Riono didampingi dr Anggi, dr J Silitonga dan penanggung jawab produk K-Link, dr Fatma Dwi A kepada wartawan dalam jumpa persnya, di Hotel Asean, Senin (6/4).
    Menurut dr Anggi, tidak relevan suplemen menjadi penyebab utama tewasnya Ngatimi penduduk Jalan Perintis Kemerdekaan Gang Sunda No 17, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, kemarin di RSUP HAM.
    Sebab, dari hasil penelusuran dan penelitian yang dilakukan, penyakit awal Ngatimi adalah bronchitis kronis (paru-paru). Selanjutnya, Ngatimi mengonsumsi banyak obat-obatan sehingga menimbulkan keracunan obat (steven johnson syndrome) yang terakumulasi di dalam tubuh sehingga kulit memghitam dan melepuh.
    “Setelah itu, dia disarankan oleh keluarganya mengonsumsi produk K-Link. Gak relevan setelah meminum produk tersebut selama empat hari meninggal. Ngatimi meninggal akibat steven johnson syndrome. Terlalu dini divonis karena gagal ginjal,” jelasnya.
    Ditambahkannya, dampak dari keracunan obat-obatan tersebut juga mengakibatkan kulitnya melepuh. Selain itu juga dari hasil pemeriksaan laboratorium, darah dan urine mengalami infeksi sehingga mengeluhkan batuk-batuk. “Lekositnya tinggi, urinenya banyak bakteri dan sistem kekebalan tubuhnya melemah,” katanya.
    Hal yang sama juga diutarakan dr J Silitonga dan penanggung jawab produk K-Link, dr Fatma Dwi A. Bahkan, dr Fatma menyebutkan produk K-Link merupakan produk yang bebas dari bahan kimiawi serta terdaftar di BPOM selama lima tahun dan telah dikonsumsi ribuan orang di Indonesia. “Kami sifatnya menolong, kita tidak datangi pasien tetapi pihak keluarga yang menghubungi distributor untuk membeli produk kami. Jadi ini tidak relevan. Kami bisa menuntut balik kalau dikatakan penyebabnya karena produk K-Link,” tegasnya.
    Sementara Corporate Managemen PT K-Link Nusantara, Bayu Riono, menjelaskan kronologis Ngatimi yang memiliki nama sebenarnya Maulidah istri M Nur Sitepu. Ngatimi telah dirawat di RSUP H Adam Malik Medan sejak 28 Maret 2008.
    Menurut informasi dari kerabat dan keluarganya sebelum masuk ke rumah sakit, Ngatimi memang sudah lama mengalami gejala yang mirip steven johnson syndrome. Ngatimi sering menggunkan berbagai macam obat dan antibiotik.
    “Keterangan itu langsung dari kakak kandung korban yaitu Husna ketika ditemui Kemalawati SKM seorang distributor K-Link yang diundang ke tempatnya pada tanggal 20 Maret lalu dan meminta pertolongan guna memberikan produk alternatif yang alami dan tidak berbahaya,” ungkapnya.
    Setelah diberikan dua produk suplemen food, kondisinya membaik dan bisa berjalan seperti dikatakan oleh Husna melalui telepon pada 22 Maret 2009. Kemudian Husna meminta produk lain karena Ngatimi menderita batuk-batuk yang telah lama dideritanya.
    Usai mengonsumsi dua produk suplemen, kondisi Ngitimi membaik dan menyatakan akan pulang kampung menemui ibunya di Deli Serdang. Pada kesempatan yang sama, adik ipar korban, Dahlia meminta obat untuk menyembuhkan gangguan polipnya. Namun keesokan hari, Kemala dihubungi oleh keluarganya mengatakan Ngatimi menderita gatal-gatal dan melepuh di beberapa bagian tubuhnya. Kemala menyarankan untuk mengoleskan salah satu produk ke tubuh yang gatal, namun oleh ibunya, Ngatimi dimandikan dengan larutan daun sirih.
    Tetapi gatalnya tak sembuh dan semakin parah. Selanjutnya korban dibawa ke RSUP HAM dan didaftarkan dengan nama Ngatimi. Tanggal 31 Maret lalu, Ngatimi melakukan cuci darah karena kedua ginjalnya tak berfungsi. Semenjak itulah, Ngatimi tidak pernah mengkonsumsi suplemen food produk K-Link.
    Gagal Ginjal
    Sementara itu, Direktur Medik dan Keperawatan RSU Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM), dr Azwan Hakmi Lubis SpA MKes membenarkan prihal meninggalnya pasien yang didiagnosa menderita gagal ginjal.
    Dia menjelaskan gagal ginjal yang dialami pasien sudah ditangani dokter dengan mencuci darahnya (hemodialisa), namun nyawanya tidak tertolong. Pihaknya menyatakan gejala penyakit kulit steven jhonson syndrome juga hampir mendekati diagnosanya. Jenazah pasien juga sudah dibawa pulang pihak keluarga untuk dimakamkan.
    Azwan mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan obat-obatan harus berdasarkan rekomendasi dari dokter. “Jangan terlalu percaya untuk menggunakan langsung obat-obat yang ada di pasaran. Sebaiknya harus melalui rekomendasi dokter. Karena dikhawatirkan akan berbahaya pada kesehatan hingga menyebabkan kematian seperti yang dialami pasien Ngatimi. Hati-hati menggunakan obat yang beredar di pasaran,” tandasnya.

  86. 87 rian

    “http://www.youtube.com/watch?v=ogBZWAE4rcA”
    “[http://www.youtube.com/watch?v=6unZ3VXNYsI&feature=related]”

  87. 88 rian

    PENJELASAN KUASA HUKUM K-LINK

    Kami, Hamdan Zoelva, SH., MH dan Januardi S. Haribowo, SH, advokat pada kantor hukum Zoelva & Januardi, beralamat di Jl. Kartanegara No. 68, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, bertindak untuk dan atas nama klien kami, PT. K-Link Nusantara, beralamat di Jl. Prof. Dr. Saharjo No. 161, Jakarta Selatan berdasarkan Surat Kuasa Khusus No. 031/SK/ZJ/IV/2009 tanggal 7 April 2009

    Sehubungan dengan pemberitaan yang marak akhir-akhir ini mengenai penyebab kematian Ngatini alias Maulida, Maulida Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara yang dikaitkan dengan produk-produk klien kami, dengan ini kami sampaikan klarifikasi atas pemberitaan seputar permasalahan tersebut sebagai berikut:

    * 1. Bahwa produk-produk klien kami berasal dari bahan-bahan alami, telah melalui tes uji di laboratorium yang terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia, semua produk klien kami tersebut telah dikonsumsi oleh lebih dari 2 juta orang diseluruh Indonesia dan selama ini produk-produk tersebut telah terbukti aman untuk dikonsumsi dan tanpa efek samping apapun;

    * 2. Bahwa terhadap kasus kematian Ngatini alias Maulida yang meninggal dunia setelah menjalani 10 (sepuluh) hari perawatan di RSUP H. Adam Malik Medan berdasarkan data, bukti dan informasi yang kami peroleh, perlu kami sampaikan sebagai berikut:

    * a. Bahwa Ngatini alias Maulida ternyata telah menderita sakit cukup lama dan pernah beberapa kali dirawat dirumah sakit tetapi tidak kunjung sembuh dan Maulida tersebut sebelumnya telah mengkonsumsi berbagai macam obat-obatan dan antibiotik untuk penyakitnya tersebut.

    * b. Keterangan Ibu Kemala, pegawai medis di Puskesmas yang sempat datang ke kediaman Maulida, atas permintaan kakak kandung Maulida, Husna melalui telepon meminta Ibu Kemala untuk datang melihat adiknya, Maulida, yang berdasarkan keterangan via telepon tersebut kakak kandungnya mengatakan bahwa Maulida menderita keracunan obat.

    Pada saat Ibu Kemala datang dengan disertai suami Ibu Kemala, kakak kandung Maulida, Husna dan Sdri Siti Marsitah (saudara Ibu Kemala), kondisi Maulida sudah parah dimana kulit Maulida berwarna kehitaman, bersisik dan telah mengelupas dan kondisi Maulida terbaring dan terlihat sulit untuk bangun dari tempat tidur.

    Setelah melihat kondisi Maulida, dan karena atas permintaan Maulida dan keluarga untuk memberikan obat atas penyakitnya, Ibu Kemala menyatakan tidak mempunyai obat atas penyakit tersebut, Ibu Kemala hanya memiliki suplemen/makanan kesehatan, karena dipaksa terus oleh pihak keluarga Maulida, Ibu Kemala memberikan Kino dan chlorophyll (produk klien kami) sebagai suplemen. Esoknya ketika Ibu Kemala kembali mendatangi kediaman Maulida, kondisi Maulida sudah kelihatan membaik, bisa berjalan dan kelihatan lebih segar dari sebelumnya. Sampai tiga hari kedepan, Ibu Kemala selalu mengadakan kontak via telepon dimana kondisi Maulida semakin bagus.

    Pada hari keempat Ibu Kemala mendapat telepon dari Maulida yang mengatakan keinginannya untuk pulang kampung dengan alasan di tempat kediamannya sekarang ini (Medan) tidak ada yang merawat. Beberapa hari kemudian, sekitar tanggal 26 Maret 2009 ibu kandung Maulida dari kampung menghubungi Ibu Kemala melalui telapon dan mengatakan akan memandikan Maulida dengan air sirih dan Ibu Kemala telah secara tegas menyatakan bahwa ia tidak menjamin kondisi Maulida apabila tercampur dengan obat atau zat lain.

    Selanjutnya, nampaknya Ibu Kandung Maulida tetap juga memandikan Maulida dengan air sirih Karena bau badannya dan berdasarkan kontak via telepon, dilaporkan bahwa setelah itu kondisi Maulida semakin memburuk dan kulitnya mengeras. Pada tanggal 28 Maret 2009, Maulida dirawat di Rumah Sakit Adam Malik Medan, dan akhirnya pada hari senin, tanggal 6 April 2009, Maulida meninggal dunia.

    * c. Bahwa berdasarkan hal-hal tersebut, tidak ada satupun indikasi atau bukti atau hasil pengujian laboratorium apapun yang menunjukan bahwa kematian Maulida tersebut adalah disebabkan oleh konsumi Maulida atas produk klien kami akan tetapi faktanya justru Maulida sudah menderita keracunan obat cukup lama dan tidak mendapat perawatan sebagaimana mestinya.

    * 3. Bahwa berdasarkan hal tersebut diatas, terhadap seluruh pemberitaan yang telah menyudutkan klien kami, menunjukan indikasi adanya upaya untuk merusak nama baik dan reputasi bisnis klien kami di seluruh wilayah Indonesia yang terus berkembang saat ini. Untuk itu klien kami telah melaporkan dugaan pencemaran nama baik klien kami tersebut ke Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara pada taggal 7 April 2009. Dan dengan ini pula kami menghimbau kepada seluruh media massa baik cetak maupun elektronik untuk tidak melanjutkan pemberitaanpemberitaan yang tidak berimbang, menyesatkan dan menyudutkan klien kami.

    * 4. Bahwa demi mencegah adanya misleading information lebih lanjut, kami menghimbau bagi para pihak yang memerlukan penjelasan maka dapat menghubungi Hamdan Zoelva, SH., MH atau Januardi S. Haribowo, SH pada kantor hukum:

    Zoelva & Januardi
    Counselor & Attorneys at Law
    Jl. Kartanegara No. 68, Kebayoran Baru
    Jakarta Selatan 12180
    Tel: (62-21) 7243314, 7245516, Fax (62-21) 7221859
    atau
    Hamdan Zoelva (0818751480)/ Januardi S. Haribowo, SH (0811999180)

  88. waaawww….
    great analysis..

  89. 90 bourne

    Salam Super…

    saya angkat gelas buat Steax
    anda orang yang berani dan saya salut…

    saya netral, dulu pernah main mlm, main bisnis, maen api, maen ersop, maen cewek, maen ormas, maen partai, maen lsm, maen aktifis dan sekarang maen2 di birokrasi (pe-en-es bro), jadi “terpaksa” banyak mengenal berbagai dunia dan berbagai permasalahannya, dan saya tidak akan menyalahkan atau mengomentari orang laen, karena ga ada yang namanya hitam atau putih…

    saya sendiri tidak sepenuhnya hitam, putih juga nggak…
    kadang kala saya nerima amplopan, kadang kala cari ceperan juga, makelar perizinan, maen2 perkara (saya orang hukum)
    prinsipnya, “sebisa mungkin” ga merugikan atau merampas hak orang laen
    ingat, “sebisa mungkin”

    kalo ada yang tereak2 sok suci menyalahkan kaum birokrat adalah kaum pencuri, itu hanya karena mereka tidak memiliki kesempatan, keberanian dan kemampuan untuk itu, paling banter cuma ngutil di toko, banyak kok contohnya, seperti sebagian kaum aktifis yang kritis semasa awal reformasi, ujung2nya sekarang masuk partai dan korup juga, kena dehh…

    hehehe, ngelantur ya, sori abis nge-mansion sebotol
    tapi tetep, saya angkat gelas buat Steax, anak muda yang berani
    kalo ada yang koment atas koment saya, silahken
    yang mau mengutuk saya, silahken
    sama saya nyante aja…

    “emas, mau dilelehin, dibakar, dibentuk sedemikian rupa, tetaplah emas
    kotoran daripada manusia (sopan mode), mo ditaruh piring kristal dengan sendok garpu perak, tetaplah… (terusin sendiri ya kawan)”

    Salam Super

  90. 91 Akhmad Labib

    Ah tulisan di blog tu ngawur.. soale KAKAK AQ PAKE PRODUK TU DAN DI BUKTIKAN DG CARA TANGKI MOTOR DI BUKA DAN DI BAKAR SAMPE BENSIN ABIS, MOTOR TETEP UTUH TU… BEGITU BENSIN ABIS API PADAM DG SENDIRINYA…. AH BRU KULIAH AJA UADH SOK TW….. BUKTIKAN DULU BROW


  1. 1 Labschool Kebakaran; Laporan & Foto « Steaxinogen
  2. 2 Labschool Kebakaran « Zhambronk & Teknologi
  3. 3 KASUS KEBAKARAN UNJ DAN LABSCHOOL « Bravo9682’s Weblog
  4. 4 Labschoolku Sayang, Labschoolku Malang « Deathlock

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: