Indonesia Mengecewakan: Sadar Napa?

27Jun09

Siang ini saya yang baru pulang ke Jakarta mengunjungi pameran inovasi kreatif di Jakarta Convention Center (JCC). Saya kira bakal menemukan ide-ide terbaik bangsa dalam kondisi yang menarik dan menginspirasi. Pokoknya yang bisa bikin kita percaya sama kemampuan enterprenur kreatif dalam negri.

Hasilnya? Kecewa!

Saat masuk, kita disambut furnitur segaban. Lalu perhiasan. Intinya yang keren-keren. Kalau ke pameran, kita lebih tertarik dengan inovasi dalam apa yang dipamerkan: dibuatnya oleh siapa dan dalam proses seperti apa, inspirasi yang dibawa dan makna desain. Saya coba lihat sedikit lebih dekat ke tulisannya dannnnnn–

“Diskon 30% produk tertentu”

Apa coba maksudnya? Ini pameran apa toko? Ini maksudnya menunjukkan hasil karya kita, bukan untuk berusaha menjualnya. Dalam kebosanan saya menuju bagian “lukisan”. Hallnya besar, saya kira bakal menemukan satu ruangan luas penuh lukisan. Ternyata isinya hanya setengah ruangan, itu pun hanya di dinding terluarnya. Sebagian lukisan tidak bernama (“untitled”, lupa disave kali ya).

Saya kurang mengeri kenapa banyak orang foto2. Ini sih bukan menghargai lukisan, tapi foto bersama lukisan… Mereka pose2 (sambil menyingkirkan orang lain) dengan lukisan, dan ada yang bernarsis ria. Di tengah ruangan ada yang tidur2an sambil foto dengan gaya tertentu.

Bener deh. Post ini hanya mini-rant, tapi saya sungguh kecewa dengan cara orang Indonesia menghargai seni.



5 Responses to “Indonesia Mengecewakan: Sadar Napa?”

  1. 1 wahyu am

    lalu, bagaimana menghargai seni yang sebenarnya gan??

    wah, jadi pengen tau sebenarnya kayag apa disana. sayangnya saya di semaranag.😆

  2. 2 steax

    Bagi saya pribadi sih mengecewakan sekali, baik dari sisi kualitas maupun kemenarikan. Standnya seperti toko: satu-dua gadis di depan (atau ibu-ibu di belakang) barang-barang di rak atau komputer. Hanya beberapa yang benar-benar menarik. Kesannya jauh seperti pasar daripada pameran.

    Menghargai seni… Setidaknya tidak dengan tertawa terbahak2 sambil berpose ria di depan gambar, pegang-pegang permukaan lukisan/patung, apalagi sambil foto-foto…

  3. 3 domainid

    Ganti alamat wordpress anda dengan .com / .net hanya 60.000

    Lebih mudah di ingat, lebih cepat terindeks search engine.

    Jika alamat awal wordpress anda http://informasi-anda.wordpress.com
    Dapat anda ubah menjadi informasi-anda.com atau terserah anda.

    Anda tidak perlu memindah data yang ada pada wordpress anda,
    anda hanya perlu menambahkan sedikit settingan pada dashbord wordpress anda.

    silahkan kunjungi http://www.domain-id.net/index.php/wordpress

    Best regard

    http://www.domain-id.net

    Contact: cs.domain (YM) / 085649509777 (sms only)

  4. 4 emai

    klo kita tilik tema pamerannya “pameran inovasi kreatif” di Jakarta Convention Center (JCC) dengan pemaparan dari rizqi tadi, aku rasa derajat temanya jadi turun.

    mungkin… klo furniturnya dari bahan daur ulang ato modelnya lebih inovatif, trus perhiasannya didapat dari hasil2 alam alternatif lain, serta lain2. aku pikir pameran itu ndak akan turun nilainya di mata pengunjung.

    dan kalo memang pameran itu tidak mengedepankan promosi ide ato inspirasi dari produk, maka seharusnya pemilihan tema tersebut ndak layak disandang.

    mnurutku, tema yang diambil merupakan provokasi agar pengunjungya banyak yang datang ^^

  5. Agak kurang ngerti ama tulisan mas Steax kali ini

    Soalnya saya gak ngeliat langsung, jadi gak ada bayangan mengenai hal ini


Tinggalkan Balasan

